starbanjar.com
ACT Kalsel Kirim relawan kelokasi banjir Kalteng.JPG
Tim Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan (ACT Kalsel) turut serta membantu penanganan banjir di Kalimtantan Tengah. Ada 34 orang relawan dari berbagai daerah di Kalsel yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalsel yang dikirim ke lokasi banjir.

ACT Kalsel Kirim Relawan dan Logistik, Bantu Penanganan Banjir di Kalteng

Redaksi Starbanjar
20.9.2021

STARBANJAR – Tidak sedikit masyarakat yang terdampak bencana banjir di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terutama di Kabupaten Katingan. Terlebih, bencana banjir telah melanda wilayah ini selama tiga pekan terakhir.

Tim Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan (ACT Kalsel) turut serta membantu penanganan banjir di sana. Dengan mengirimkan 34 orang relawan dari berbagai daerah di Kalsel yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalsel.

“Kita mengirimkan 34 orang relawan yang terdiri dari komandan lapangan, tim pendataan, rescuer dan tim reporting. Mereka berangkat pada Minggu kemarin dan sudah kita lepas,” kata Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin di Banjarmasin, Senin (20/9/2021).

Tim sendiri, sebut Zainal, akan berada di Kalteng hingga Rabu pekan ini. Sehingga dengan waktu yang cukup singkat ini, tim dapat mengoptimalkan aksi kemanusiaan di sana.

Tak hanya itu, Zainal menambahkan, beberapa organisasi seperti Indonesian Offroad Federation (IOF) Kalsel, Jip Adventure Club Kalsel (JACKS) dan Yayasan Insan Peduli Kasih Tanah Bumbu juga turut serta dalam misi kemanusiaan. Untuk IOF Kalsel dan JACKS sendiri, menyediakan armada off-road yang diharapkan dapat menunjang aksi kemanusiaan di Bumi Tambun Bungai.

“Selain mengirimkan relawan yang didukung armada kemanusiaan, kita juga mengirimkan bantuan logistik yang diamanahkan oleh masyarakat Kalsel melalui kita. Bantuan ini diangkut oleh dua unit truk yang dibantu oleh IOF Kalsel,” papar Zainal.

Selama di Kalteng, selain menyalurkan bantuan logistik untuk penyintas bencana banjir, tim relawan juga melakukan evakuasi warga yang masih terjebak di wilayah terdampak banjir cukup parah. Serta membantu pendataan penyintas bencana banjir maupun dampak kerusakan yang diakibatkan oleh banjir itu sendiri.

Seluruh aksi kemanusiaan sendiri, berkolaborasi dengan tim ACT Cabang Kalteng, MRI Kalteng dan mitra-mitra setempat.

“Semoga tim yang bertugas di Kalteng diberikan perlindungan dan kemudahan dalam mengemban misi kemanusiaan ini. Sehingga bantuan yang diamanatkan oleh masyarakat Kalsel melalui ACT Cabang Kalsel dapat tersalurkan kepada penerima manfaat di sana,” tandasnya.