Ikut Donor Darah, Member Euro Fans Club Banjarmasin Ambil Bagian Pecahkan Rekor MURI

Banjar Community 20 Okt 2020, By Tim Starbanjar
Ikut Donor Darah, Member Euro Fans Club Banjarmasin Ambil Bagian Pecahkan Rekor MURI (Source: Istimewa)

STARBANJAR - Sebanyak 10 Euro Fans Club (EFC) yang berasal dari Kota Banjarmasin dan Banjarbaru serta 3 fanbase Barito Mania (Bartman) Banjarmasin yang tergabung dalam SuperSoccer Banjarmasin ambil bagian dalam kegiatan donor darah di Kantor PMI Banjarmasin.

Sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan, kegiatan ini dibuat menjadi 4 sesi mulai Minggu (18/10/2020) hingga 25 Oktober 2020.

Koordinator SuperSoccer Banjarmasin Devin Ilham menjelaskan donor darah pada diikuti para member Euro Fans Club Banjarmasin dari MSCSI, AIS, dan ICI. Sebagian dari mereka datang dengan mengenakan jersey klub kesayangan.

Sementara anggota pecinta bola lainnya dari Juventini Banjarbaru maupun perwakilan dari Banjarmasin seperti PRMI, United Indonesia, Laziale, Milanisti, CISC, FCBFI, serta Bartman Banjarmasin akan mendonorkan darah mereka pada 20, 24, dan 25 Oktober 2020.

“Antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar. Bahkan karena hujan deras, ada beberapa peserta yang minta ditunggu hingga jam 8 malam. Kegiatan donor darah pada sesi pertama ini berhasil mengumpulkan 36 kantong darah. Kami optimistis pada sesi-sesi selanjutnya akan terkumpul lebih banyak lagi kantong darah dari total 131 peserta,” beber Devin, Selasa (20/10/2020).

Dia menjelaskan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh Karang Taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Di sela-sela kegiatan donor darah ini, juga ada lomba fotografi dengan peserta dari Komunitas Lensa Community. Lima foto terbaik akan berhak mendapatkan hadiah dari panitia.

undefined

Redaksi Starbanjar