starbanjar.com
Tas rotan dari Indang Apang Galeri
Ilutrasi pembuatan tas rotan

Indang Apang Galeri: Produsen Tas Rotan Unik dari Palangkaraya

mala
Oleh mala
02.5.2023

Tas rotan kerap dianggap sebagai produk tradisional yang kurang kekinian untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Namun, Amelia pemilik Indang Apang Galeri membuktikan bahwa tas rotan dapat menambah kesan manis dalam segala busana.

Amelia mengisahkan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tas rotan miliknya bermula dari mengikuti tren fashion yang sedang berkembang. Amelia ingin memperkenalkan anyaman rotan sebagai salah satu kearifan lokal yang bisa dibuat lebih modern.

“Produk yang kami jual berbahan dasar anyaman rotan yang merupakan salah satu kearifan lokal yang masih dilakukan oleh masyarakat pedesaan di Kalimantan Tengah. Rotan yang kami gunakan berasal dari Kab. Pulang Pisau, Kapuas dan Barito dengan kualitas rotan yang berbeda-beda. Tas rotan produksi kami dikombinasikan dengan bahan kulit asli (kulit sapi) dan kulit sintetis dengan kualitas terbaik,” kata Amelia, 2 Mei 2023.

Selain ingin memperkenalkan anyaman rotan dalam tren fashion, usaha yang digeluti oleh Amelia merupakan bukti ketertarikan dan kecintaannya terhadap bahan-bahan lokal dalam negeri yang memiliki kualitas bersaing dengan yang lainnya.

Tas rotan yang bagi sebagian orang masih beranggapan sebagai tas yang tidak cocok dengan outfit kekinian. Lewat usahanya ini, Amelia ingin membuktikan bahwa tas dari anyaman rotan juga keren dipadupadankan dengan outfit sehari-hari.

“Awalnya produk kami memang memiliki bentuk yang monoton sehingga belum menjadi tren. Adanya peluang pasar yang sangat luas untuk tas rotan ini, kami membuat design tas rotan yang mengikuti trend fashion yang sedang berkembang,” katanya.

Indang Apang Galeri merupakan salah satu UMKM binaan Jamkrindo di palangkaraya yang sukses memasarkan produknya. Indang Apang Galeri memiliki target pasar penjualan dari berbagai macam kalangan dan usia.

“Saat ini target penjualan kami yang awalnya untuk pribadi, kami perluas menjadi instansi pemerintahan dan korporat,” kata Amelia.

Lewat tangan kreatif, Amelia mengubah kesan tas rotan yang tradisional menjadi modern dan unik. Di mana tas rotan cocok dipadu padankan dengan gaya pakaian apapun, baik formal maupun kasual.

Selain itu, Amelia juga memperhatikan kualitas setiap produknya. Saat ini Amelia mengaku memiliki banyak jenis model tas rotan yang sedang tren. Setiap produk tas rotan yang diproduksi memiliki keawetan jangka waktu 10-15 tahun.

“Sebelum tas rotan sampai ke tangan para konsumen kami melakukan quality control terlebih dahulu, mulai dari pengecekan kerapian anyaman, kerapian jahitan, dan ada atau tidaknya reject dalam proses pembuatan,” katanya.

“Apabila membeli produk kami, pelanggan tidak akan menyesal. Kami juga senantiasa memberikan potongan harga untuk para konsumen yang selalu setia membeli tas rotan di Indang apang,” lanjut Amelia.

Untuk kisaran harga, Indang Apang Galeri mematok harga mulai dari Rp15.000 untuk accesoris rotan, Rp200.000 hingga Rp1.000.000 untuk jenis tas yang dikombinasikan kulit sintetis dan kulit asli.

“Jika kalian minat dan tertarik terhadap produk tas rotan kami, bisa kunjungi akun social media kami di Instagram @indang.apang.galeri, Shoppe @indang.apang.galeri dan Facebook indang apang galeri. Atau bisa melalui Whatsapp kami di 0812-5127-3004,” tutupnya.