starbanjar.com
KNPI Kalsel
KNPI Kalsel

IPK Kalsel Rendah, Dispora dan KNPI Kalsel Usung Program Inkubator Bisnis Hingga Bentuk Pokja

Redaksi Starbanjar
29.12.2020

STARBANJAR - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel menggelar Bimtek di Mercure Hotel, dari Senin (28/12/2020) hingga Rabu (30/12/2020). Kegiatan ini diikuti sedikitnya 50 pengurus, KNPI se-Kalsel, yang dibuka langsung Kadispora H Hermansyah.

Hermansyah mengatakan, Dispora Kalsel sangat berkepentingan dengan kegiatan ini untuk bersinergi dan berkolaborasi meningkatkan kapasitas kepemudaan, khusus di Kalsel.

“Di tahun 2021 nanti, Pemprov sudah menyiapkan berbagai program prioritas, seperti inkubator bisnis untuk wirausaha muda. Tentu kami sangat memerlukan peran KNPI agar nanti wirausaha muda di Kalsel dapat selalu terayomi,” katanya.

Untuk penguatan kapasitas kepemudaan, dispora juga akan mempersiapkan berbagai program terkait hal tersebut. Guna para pemuda siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Karena sekarang era teknologi informatika, sehingga diharapkan para pemuda semakin berkualitas, bisa berkompetisi dan siap menghadapi tantangan global yang sudah ada di depan mata seperti ini,” ujar Hermansyah.

Dia mengakui Indeks Pembangunan kepemudaan (IPK) Kalsel masih terbilang rendah, peringkat 29 dari 34 Provinsi Se-Indonesia, oleh karena itu perlu ada upaya kerja keras dan kerja sama lintas sektor untuk menopang peningkatan IPK Kalsel.

Sementara Ketua DPD KNPI Kalsel, Fazrul Rahman, mengatakan, bimtek bertujuan untuk memenuhi target Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang belum tercapai di Kalsel.

“Untuk meningkatkan IPP yang terus terang di Kalsel ini belum tercapai, harus ada kerja kontret dan kelompok kerja (pokja),” ucap advokat Musa ini.

Pokja inilah yang akan terlibat secara teknis untuk meningkatkan indikator yang membuat indeks pemuda di Kalsel dianggap lemah.

Sebagai informasi, dalam bimtek ini akan membahas 5 topik atau materi, yaitu keorganisasian, kepemimpinan, jurnalisme/public speaking, relasi kepemudaan dan pemerintahan, serta motivasi dan kontemplasi kepemimpinan pemuda.