starbanjar.com
syaipul Adhar.jpg
Syaipul Adhar memberikan sambutan dalam kegiatan kuliah umum yang diisi Komisaris Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dr KH Ali Masykur Musa di Lecture Theatere Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM, (Foto : Ahmad Husaini)

ISNU Kalsel Komitmen Kawal Pembangunan IKN

Ahmad Husaini
21.11.2022

STARBANJAR - Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PW ISNU) Kalimantan Selatan menggandeng Universitas Lambung Mangkurat untuk menggelar kuliah umum yang diisi Komisaris Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dr KH Ali Masykur Musa, di Lecture Theatre Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM, Senin (21/11/2022) siang.

Ali Masykur Musa mengisi kuliah umum dengan tajuk "Peran daerah penyangga Ibukota baru negara (IKN) dalam optimalisasi daya dukung tol laut di kawasan pintu gerbang ibukota".

Ali Masykur Musa menitikberatkan IKN dan daerah penyangga harus bisa tumbuh bersama. Oleh karenanya, Ali Masykur Musa meminta daerah untuk mempersiapkan diri dalam menyambut IKN.

Ali berharap perguruan tinggi untuk melakukan beragam kajian strategis dan menyiapkan talenta-talenta terbaik daerah yang nantinya akan berkontribusi dalam pembangunan IKN.

Di tempat yang sama, ketua pelaksana kuliah umum Syaipul Adhar menuturkan ISNU Kalsel akan terus mengawal pembangunan IKN, salah satunya adalah dengan mengundang narasumber yang ahli di bidangnya guna mendiskusikan IKN lintas perspektif.

"Kalsel adalah pintu gerbang IKN, maka isu ini (IKN) harus kita jaga dan kawal, hari ini kita menghadirkan Komisaris PT PELNI, karena berkaitan dengan pengelolaan tol laut," ujar Syaipul Adhar.

Kalimantan Selatan, sambungnya berkepentingan dengan adanya IKN, karena pintu gerbang utama menuju IKN. Oleh karena itu, Syaipul Adhar berpendapat Kalsel harus menyediakan SDM terbaik untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN.

"Jangan sampai model ibukota baru nanti hanya menjadi tindak lanjut ibukota sebelumnya, (IKN) diisi orang-orang dari Jakarta juga," ucap alumni FEB ULM ini.

Pengurus PW ISNU Kalsel ini menyebut Banua tidak kekurangan talenta-talenta terbaik yang mampu bersaing dengan SDM dari ibukota.

Sebagai perguruan tinggi terkemuka, kata Syaipul Adhar ULM kampus lainnya harus mencetak sumber daya manusia terbaik untuk mengisi pembangunan IKN.

"Mari kita jaga dan kawal (pembangunan) IKN kedepannya, dan kita siap untuk menghadapi (persaingan) ke depan," imbuhnya.