starbanjar.com
Pembeli diwajibkan membasuh tangan sebelum berbelanja
Pembeli diwajibkan membasuh tangan sebelum berbelanja

Jadikan Toko Lebih Sehat, Strategi Toko Niah Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Nurul Khasanah
30.6.2020

STARBANJAR - Pandemi COVID-19 telah menuntut para pelaku usaha untuk dapat beradaptasi dengan kondisi baru. Besarnya tuntutan masyarakat terhadap aspek kesehatan menjadikan pelaku usaha, baik dari yang berskala besar hingga toko kelontong di pedesaan pun berbenah.

Selain menjalankan protokol kesehatan COVID-19, para pelaku usaha pun sudah mulai berbenah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pembelinya.

Seperti yang dilakukan Toko Niah yang terletak di Jl. Ahmad Yani, Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan. Toko Djarum Retail Partnership (DRP) ini berusaha memberikan keamanan dan kenyamanan baru kepada pelanggan.

"Kami menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun di depan pintu masuk toko. Kami juga tutup toko ini dengan kaca dan melengkapinya dengan AC," ungkap Awan Nur Rafid, salah satu pengelola Toko Niah, saat berbincang dengan Starbanjar (30/6/2020).

Toko Niah yang memiliki 3 karyawan ini menerapkan sistem ala swalayan dalam melayani pembeli. Karena itu faktor kebersihan sangat diperhatikan. Bahkan untuk mengurangi interaksi, toko ini memberikan layanan dengan mengambilkan barang yang dipesan pembeli.

“Di saat penyebaran COVID-19 masih cukup tinggi ini, langkah-langkah preventif harus kami lakukan. Ini semua untuk menjaga agar pembeli aman dan kami juga tetap bisa jualan,” ungkapnya.

Toko Niah buka setiap hari dari pukul 06.30 hingga 00.00 WITA. Meski pandemi COVID-19 sudah berlangsung lebih dari 3 bulan, omset penjualan di toko DRP ini cenderung stabil dengan omset harian mencapai kisaran Rp 5-6 juta.

Kemampuan Toko Niah menjaga omset tak lepas dari kemampuannya berkomunikasi dengan berbagai jenis pembeli. Termasuk dengan komunitas motor yang biasa mampir ke toko ini.

Seperti misalnya pekan lalu, Ahmad Sholikhin, Rider RVC Banjarbaru yang tergabung dalam Bold Riders Banjarmasin berhenti di toko ini untuk membeli rokok dan bensin sekaligus beristirahat sebelum melanjutkan solo touring dari Banjarbaru menuju Asam Asam, Jorong, Tanah Laut.

“Toko-toko seperti Toko Niah ini merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat. Makanya kami juga berniat untuk ikut berperan menggairahkan kembali penjualan di toko ini saat pandemi COVID-19 masih terjadi,” terang Likin, sapaan Ahmad Sholikhin.