starbanjar.com
Linkaja
Linkaja

Jawara di Asia Tenggara, Penduduk Indonesia Semakin Gandrungi Cahsless

Redaksi Starbanjar
27.2.2021

STARBANJAR - Penduduk Indonesia semakin doyan menggunakan pembayaran non tunai. Studi Visa Consumer Payment Attitudes menyebutkan, 63 % penduduk Indonesia makin jarang menggunakan uang tunai. Lebih lanjut, 7 dari 10 konsumen mengatakan merasa tidak perlu lagi membawa uang tunai.

Indonesia menjadi jawara di kawasan Asia Tenggara dengan penduduk yang paling sedikit menggunakan uang tunai.

“Konsumen Indonesia telah merasakan langsung manfaat gaya hidup nontunai, terutama dari segi keamanan, kenyamanan, dan efisiensi, di tengah ketidakpastian situasi saat ini,” kata Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia dilansir dari trenasia, Sabtu (27/2/2021).

Dalam riset Visa hampir sebanyak 59% konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja di situs perdagangan (marketplace) daring. Adapun mayoritas transaksi mobile e-commerce terjadi melalui aplikasi, sekitar 12 kali dalam sebulan.

Perilaku berbelanja konsumen di Indonesia juga telah bergeser, di mana 4 dari 10 konsumen memilih untuk mendukung usaha rumahan atau lokal. Saat berbelanja, layanan pesan antar ke rumah menjadi pilihan utama, di mana 9 dari 10 atau sebanyak 88% konsumen Indonesia menggunakan layanan tersebut.

Dengan 7 dari 10 mengakui lebih sering menggunakan layanan tersebut, rata-rata 7 kali setiap bulannya.