starbanjar.com
Salah satu pedagang sedang melayani pembeli
Salah satu pedagang sedang melayani pembeli

Jelang Tahun Ajaran Baru, Penjualan Seragam Sekolah dan ATK Sepi Pembeli

Redaksi Starbanjar
06.7.2020

STARBANJAR - Penjualan seragam sekolah mulai marak di sejumlah pasar tradisional dalam wilayah Kota Banjarmasin. Seperti di Pasar Baru, sejumlah pedagang pakaian dan ATK mulai menjajakan dagangan dalam beberapa waktu terakhir.

Sejumlah pedagang mengakui, penjualan seragam sekolah pada tahun ajaran baru kali ini sepi pembeli dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat dampak dari pandemi covid-19.

"Dulu dalam satu hari bisa saja laku 10-20 steel dalam satu hari, terapi saat ini , bahkan dalam satu hari tidak ada yang beli, kalau ada cuma 3-4 steel saja yang laku sudah,"kata Wahyudin pemilik Toko Mistar kepada Starbanjar, Senin (6/7/2020).

Dia menyebut hingga sekarang omzet penjualannya turun hingga 80%, dibandingkan tahun lalu.

Bahkan tahun lalu memasuki ajaran tahun baru omzet penjualan melonjak tajam, tak jarang pedagang sampai kehabisan stok barang.

Wahyudin memaklumi pandemi Covid-19 mengakibatkan ekonomi masyarakat mengalami penurunan , sehingga berpengaruh daya beli masyarakat.

"Padahal harganya sudah kami turunkan tidak seperti tahun tahun sebelumnya selalu kami naikkan, tetapi tetap saja tidak ada pembeli," imbuhnya.

Senada,Johan Pemilik Toko Sinar Makmur mengatakan, biasanya kalau memasuki tahun ajaran baru, toko selalu membludak di kunjungi pembali, baik siang maupun malam hari, tetapi dengan adanya pandemi ini, pengunjung bisa dihitung dengan jari.

"setiap tahun saya selalu menambah karyawan untuk melayani pembeli akibat ramai nya pembeli, dan tahun ini tidak ada penambahan karyawan," kata dia.

Bukan tanpa alasan, Johan menyebut omzet menurun Toko Sinar Makmur masih mempertahankan 3 karyawan yang ada, meskipun dia kesulitan mambayar gaji karyawannya.

"Omzet penjualan saat pandemi ini turun drastis kalau kita kalkulasi, turunnya antara 70 hingga 80 persen," tandasnya.