starbanjar.com
Jokowi
Jokowi

Jembatan Mataraman Putus Diterjang Banjir, Presiden Jokowi: 3-4 Hari Selesai

Redaksi Starbanjar
19.1.2021

STARBANJAR- Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI untuk secepatnya menangani jembatan putus gegara banjir di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar.

Instruksi ini ia sampaikan saat meninjau area rusaknya jembatan yang berdiri di atas Sungai Salim tersebut, pada Senin (18/1/2020).

"Saya ingin memastikan ke lapangan, yang pertama mengenai kerusakan infrastruktur yang memang terjadi. Ada beberapa jembatan yang runtuh, seperti kita lihat di belakang ini. Tadi saya sudah minta ke Menteri PU agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu," ujar Jokowi.

Jembatan Mataraman diketahui putus sebanyak dua kali gegara diterjang banjir. Kejadian pertama pada Kamis (14/1/2021) lalu. Oprit jembatan itu ambles dan sempat diperbaiki secara darurat.

Adapun insiden kedua terjadi pada Minggu (17/1/2021) lalu diterjang derasnya air Sungai Salim.

"Sheet file yang kemarin dipasang pada oprit jembatan terangkat karena kerusakan bagian bahah oprit makin melebar akibrat tergerus derasnya air sehingga jembatan tidak bisa dilintasi orang maupun kendaraan," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman.