starbanjar.com
Tank Leopard 2 .jpg
Kendaraan tempur lapis baja buatan Jerman Tank Leopard 2. (Foto : Anadolu Agency)

Jerman Bakal Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Ahmad Husaini
25.1.2023

STARBANJAR - Jerman dilaporkan siap mengizinkan pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina untuk membantu negeri itu menghalau serangan Rusia.

Jerman juga memberikan lampu hijau kepada sekutu untuk melakukan hal serupa.

Berdasarkan undang-undang di Jerman, ekspor ulang senjata buatan Jerman memerlukan izin dari pemerintah Berlin.

Pembahasan pengiriman tank produksi Jerman itu sempat gagal pekan lalu.

"Keputusan ini mengikuti dukungan kami yang sudah banyak diketahui pada Ukraina dengan kemampuan terbaik kami, tindakan kami dikoordinasikan dengan komunitas  internasional," kata Kanselir Jerman Olaf Scholz dalam pernyataannya seperti dikutip Aljazirah, Rabu (25/1/2023).

"Jerman akan memberikan otorisasi yang sesuai kepada negara-negara mitra yang ingin segera mengirimkan tank Leopard 2 dari stok mereka ke Ukraina untuk mentransfernya," lanjut pernyataan itu.

Selain itu, Jerman juga akan memberikan pelatihan bagi pasukan Ukraina untuk mengoperasikan tank tank tersebut.

Spesifikasi Tank Leopard 2

Tank Leopard 2 dikembangkan oleh produsen senjata Jerman Krauss-Maffei Wegmann (KMW), telah diproduksi.

Leopard 2 dipersenjatai dengan meriam smoothbore 120mm dan dapat bergerak dengan kecepatan hingga 70 kilometer atau 44 mil per jam dengan jangkauan 500 km (310 mil). 

Kendaraan lapis baja ini juga memberikan perlindungan menyeluruh untuk pasukan dari ancaman seperti ranjau, tembakan anti-tank, dan alat peledak improvisasi.

Secara keseluruhan, Tank Leopard 2 ini memiliki berat 62 Ton, tinggi 3 meter, lebar 3.7 meter, serta panjang 7.7 meter. Selain itu, Tank ini dapat memuat hingga dua orang di dalamnya.

Untuk persenjataan, selain dilengkapi dengan meriam smoothbore 120mm, Leopard 2 juga memiliki senapan mesin coaxial 7.62 mm, serta senapan mesin andalan anti pesawat 7.62 mm