starbanjar.com
Pabrik Tahu Mogok Produksi - Panji 1.jpg
Nampak pekerja membereskan peralatan di sebuah pabrik tahu yang tengah mogok produksi di kawasan Cipondoh Kota Tangerang, Senin 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Kedelai Meroket, Harga Tahu-Tempe di Pasar Tradisional Banjarmasin Masih Normal

Nurul Khasanah
22.2.2022

STARBANJAR- Kenaikan harga kedelai belum terlalu berdampak terhadap nilai jual tahu dan tempe di sejumlah pasar tradisional Kota Banjarmasin.

Hona, pedagang sayur di Pasar Kuripan, misalnya, mengatakan bahwa harga tahu dan tempe masih normal seperti biasanya lantaran belum ada kenaikan dari tingkat pemasok.

"Ini belum, tetap aja harganya," ujarnya kepada Starbanjar, Selasa (22/2/2022). Adapun di tingkat pasar tradisional semacam Kuripan, harga tahu kecil masih dijual Rp 500, tahu besar Rp 1000, dan tempe Rp 5 ribu.  

Hona menduga kemungkinan penyebab harga tahu dan tempe yang dijual tetap stabil lantaran stok kedelai yang diolah merupakan stok yang terdahulu.

"Sebelumnya ada bilang kalo naik. Beberapa hari ini tetap aja, mungkin orang itu masih modal yang dulu" Jelas ibu Hona

Sebelumnya data oleh Chicago Board Of Trade (CBOT) menyebutkan bahwa kenaikan diperkirakan berlangsung hingga bulan Mei yaitu pada kisaran tertinggi pada US$ 15,79 per bushel. Harga kemudian akan diperkirakan turun kembali pada bulan Juli.