Kemenhub RI Hibahkan 9 Paket Lampu Lalu Lintas Sistem Sensor untuk Kota Banjarmasin

Banjar UPDATE 22 Okt 2020, By Tim Starbanjar
Kemenhub RI Hibahkan 9 Paket Lampu Lalu Lintas Sistem Sensor untuk Kota Banjarmasin (Source: Istimewa/Vintagenews)

STARBANJAR- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dalam waktu dekat bakal menghibahkan sembilan paket lampu lalu lintas (traffic light) dengan sistem sensor untuk Kota Banjarmasin.

Sesuai rencana, hibah paket lampu lalu lintas yang diketahui bakal terealisasi pada Desember 2020 itu akan ditempatkan di persimpangan yang rawan kecelakaan atau bermasalah.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Febpry Ghara Utama, mengatakan dengan lampu sistem sensor ini maka sistem bisa mendeteksi jalur mana yang memiliki tumpukan massa kendaraan paling banyak.

“Jadi lampu itu akan mendahulukan simpangan yang menumpuk orangnya,” ucapnya.


Adapun Febpry mencontohkan bahwa lampu jenis ini cocok ditempatkan di persimpangan Tarakan. Sebab, pengendara arah jalan Pulau Laut dan Tarakan kerap kali harus berebut jalur ketika hendak belok ke arah jalan Sudirman atau AS Musaffa.

Febpry mengatakan bahwa pihak dishub sudah menyadari hal itu dari lama. Dalam istilahnya, perempatan Tarakan itu gerakannya bersamaan (dari jalan Tarakan dan Pulau Laut). Hal tersebut sudah berlaku sejak dulu ketika massa kendaraan tidak sepadat sekarang.

“Kalau sekarang mau kita jadikan satu-satu jalannya, lampu lalu lintasnya disana masih tidak memadai. Disana masih harus diatur secara manual (langsung diatur di lampu lalu lintas) belum terintegrasi dengan sistem kita,” jelas Febpry.

Selain Tarakan, Febpry juga mengungkap simpangan-simpangan lain yang bermasalah. Simpangan tersebut antara lain adalah Persimpangan Ahmad Yani Kilometer 6, Persimpangan Ahmad Yani Kilometer 3, Persimpangan Tiga Kuripan, serta Persimpangan Kolonel Sugiono.

Selain itu, ada pula Persimpangan Jalan Pangeran Antasari, Simpang Hotel A, Simpang Jembatan Merdeka, dan Simpang Empat Belitung.

Dengan adanya bantuan ini, Dishub Banjarmasin selanjutnya dapat mengintegrasikan sistem lalu lintas di kota Banjarmasin di satu tempat. Dilengkapi CCTV di 14 titik dan Lampu Lalu Lintas yang bisa diatur timingnya, Febpry mengungkap wacana dishub bekerjasama dengan polresta mengenai tilang online.

“Dengan perkembangan seperti ini, kita dapat bekerjasama dengan polresta mengenai tilang online. Kita merencanakan hal tersebut dalam forum lalu lintas,” jabar Febpry.

“Akhirnya nanti, mengendalikan lalu lintas ini seperti bermain game,” guraunya.

undefined

Ari Arung Purnama