Kenaikan Harga Sembako Picu Inflasi di Kalsel

Redaksi Starbanjar -02 Maret 2021 18:44 WIB,
sembako (sumber: Source: Istimewa)

STARBANJAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan merilis data Indeks Harga Konsumen (IHK) Kalsel bulan Februari 2021. Kepala BPS Kalsel Mod Edy Mahmud menjelaskan pada bulan Februari, Kalsel mengalami inflasi sebesar 0,53 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 107,15.

Sedangkan tingkat inflasi tahun ke tahun atau bulan Februari 2021 terhadap Februari 2020 mengalami inflasi sebesar 1,65 persen.

"Seluruh kota IHK di Kalimantan Selatan mengalami inflasi, dengan tertinggi dialami Kota Banjarmasin dengan inflasi sebesar 0,59 persen, kemudiaan Kota Tanjung sebesar 0,33 persen dan Kotabaru sebesar 0,09 persen," ujar Edy dalam keterangannya, Selasa (2/3/2021).

Dia mengatakan inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Kelompok yang mengalami kenaikan yaitu kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dan kelompok kesehatan dengan kenaikan masing-masing 1.31 persen dan 1.05 persen.

(Source : BPS Kalsel)

Dari seluruh kelompok pengeluaran hanya satu kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan, yaitu rekreasi,olahraga dan budaya sebesar dengan penurunan sebesar 0,45 persen. Sementara itu kelompok pengeluaran di sektor pendidikan dan informasi komunikasi tidak mengalami perubahan.

"Sementara kelompok pengeluaran lainnya mengalami kenaikan bervariasi, sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kalsel, antara lain bahan bakar rumah tangga, daging ayam ras, bubur, mobil, serta nasi dan lauk," imbuh Edy.

Dia menambahkan komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi, antara lain cabai merah, ikan peda, angkutan udara, telur ayam ras dan ikan nila.

Di regional Kalimantan, Kota Banjarmasin mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,59 persen, sedangkan deflasi tertinggi dialami Kota Sintang dan Tanjung Selor masing-masing sebesar 0,13 persen.

Secara nasional pada Februari 2021, terjadi inflasi sebesar 0,10 persen. Tingkat inflasi tersebut lebih rendah dibandingkan Januari 2021 yang sebesar 0,26 persen.

Bagikan:

RELATED NEWS