starbanjar.com
Poster Jumat Kelabu
Poster Jumat Kelabu

Kenang Peristiwa Kelam Mei 1997, Komunitas PCC Kembali Putar Dokumenter Jum'at Kelabu

Putri Nadya Oktariana
22.5.2020

STARBANJAR- Film dokumenter sejarah dari Kota Banjarmasin, Jum'at Kelabu, secara resmi kembali ditayangkan ke publik, pada Jum'at (22/5/2020).

Bedanya, jika pada tahun-tahun lalu sinema garapan Komunitas PCC tersebut biasa diputar dengan nonbar, kali ini warga bisa menonton karya tersebut secara leluasa via streaming Youtube.

Dokumenter ini sendiri bercerita tentang kerusahan terbesar di Kota Banjarmasin yang terjadi pada tanggal 23 Mei 1997 silam. Berdurasi sekitar 28 menit, karya ini merekam cerita dari para saksi sejarah insiden berdarah tersebut.

Produser Jumat Kelabu, M Zainal Mutaqqin, berkata pihaknya merasa perlu memutar kembali film ini sebagai sarana edukasi sejarah.

“Agar penonton generasi muda tau bahwa dulu di Banjarmasin pernah terjadi tragedi besar, dan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran juga bahan renungan bersama," kata Zainal.

Zainal menuturkan, komunitas PCC mau tak mau memutar dokumenter ini via streaming karena Pandemi Virus Corona juga merebak di Kota Banjarmasin.

“Di tahun 2020, tidak ada alasan untuk tidak menayangkan film ini secara online. Karna selama pandemi berlangsung, terlebih di era digital, banyak orang beraktivitas, bahkan menonton film melalui ponsel masing-masing. Artinya moment ini sangat tepat jika Jumat Kelabu dapat diakses secara online," tandasnya.