starbanjar.com
20210809_163439_2.jpg
Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, saat memberikan keterangan kepada awak media di balai kota.

Klaim Kasus Menurun, Ibnu Sina Yakin PPKM Level 4 Bisa Diakhiri dalam Sepekan

Redaksi Starbanjar
11.8.2021

STARBANJAR- Kendati pemerintah pusat sudah memutuskan kebijakan PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali berlaku selama dua pekan, Pemerintah Kota Banjarmasin justru merasa optimistis bisa menurunkan level pembatasan dalam hitungan waktu yang lebih pendek.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, berkata pihaknya hanya mematok target pelaksanaan PPKM level 4 hanya berlaku satu pekan. Menurutnya, hal ini didasari hasil evaluasi pemkot setempat yang menunjukkan bahwa tren penularan Covid-19 menurun dalam belakangan waktu terakhir.

"Instruksi mendagri memutuskan PPKM level 4 untuk luar Jawa-Bali itu dua pekan sampai 23 Agustus. Namun, evaluasi kemarin, Banjarmasin ini sudah menunjukkan banyak perubahan yang signifikan," tegas Ibnu.

Sebagai gambaran, Ibnu bilang bahwa angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menurun dari kisaran angka 200 orang per hari menjadi 78 kasus per harinya.

"Ini kan sudah sangat drastis turunnya. Saya yakin seminggu kedepan kita bisa keluar dari status Level IV,"terangnya.

Kata Ibnu, pihaknya bakal menurunkan kasus dengan memaksimalkan testing, tracing, treatment (3T) dan menggenjot penegakkan prokes sampai tanggal 16 Agustus nanti.

"Kita coba. Saya yakin 1500 lebih kasus (aktif) dalam seminggu ini bisa kita tekan untuk bisa diturunkan paling tidak ke level III," imbuhnya.

Pemkot juga akan mengeluarkan surat edaran baru dengan didasari evaluasi hingga melakukan relaksasi pelaksanaan PPKM level IV setiap pekan di 16 Agustus mendatang.

Di lain sisi, dia berharap masyarakat bisa memahami keputusan yang diambil Pemerintah Kota, yakni mengikuti Pemerintah Pusat.

"NKRI mengharuskan kita untuk mematuhi keputusan Pemerintah Pusat. Kita harap masyarakat bisa bersabar dan tetap mengikuti anjuran pemerintah khususnya dalam hal penanganan pandemi ini," tutup Ibnu.