starbanjar.com
ketua KNPI Kalsel dan Kepala UDD PMI Banjarmasin
ketua KNPI Kalsel dan Kepala UDD PMI Banjarmasin

KNPI Kalsel Ajak Pemuda Dan Masyarakat Banua Donor Darah

Putri Nadya Oktariana
09.6.2020

STARBANJAR - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Selatan memberikan bantuan sembako gratis bagi masyarakat prasejahtera yang melakukan donor darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Senin (8/6/2020).

Langkah ini sebagai salah satu rasa bentuk kepedulian kepada masyarakat dan mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI) di Banua untuk meningkatkan stok kantong darah.

Ketua KNPI Kalsel Fazlur Rahman mengajak pemuda, OKP dan masyarakat secara luas untuk turut mendonorkan darahnya demo menjaga stok ketersediaan darah di Banjarmasin.

"Kita memberikan sumbangan kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya,jadi sifatnya stimulus, walaupun jumlahnya hanya 40 paket untuk hari ini, kita melihat dulu (respon masyarakat) nanti dengan adanya stimulus orang-orang berbondong untuk melakukan darah," ucap Fazlur.

Dia meyakini masyarakat Kalsel merupakan individu dengan rasa sosial tinggi, sehingga tanpa ada pamrih pun, masyarakat akan mendonorkan darahnya demi membantu sesama.

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin dr Aulia Ramadhan Supit mengharapkan masyarakat untuk turun untuk mendonorkan darahnya, mengingat persediaan saat ini masih belum stabil untuk kebutuhan rumah sakit di Kota Banjarmasin.

"Karena suasana wabah Covid-19 orang-orang masih agak takut, oleh karena itu kita akan semakin giat lagi setiap hari, untuk membantu mensosialisasikan," kata Rama sapaan akrabnya.

Dia mengatakan berdasarkan data  PMI Banjarmasin, rerata pendonor didominasi wajah baru.

Rama menduga masyarakat yang biasanya rutin donor darah masih agak khawatir dengan kondisi Pandemi Covid-19, padahal syarat untuk mendonor hanya butuh dalam kondisi sehat.

Lantas bagaimana dengan kondisi stok golongan darah yang tersedia di UDD PMI Banjarmasin?

Dia mengatakan stok golongan darah tertentu masih terbilang aman untuk dipenuhi, kecuali golongan darah dengan Rhesus negatif yang terbilang langka di Banjarmasin.

"Rata-rata perhari, ditambah dengan kegiatan donor darah di luar, warga yang turun donor darah sekitar 100 kantong perhari," tandas Rama.