starbanjar.com
Screenshot_2022-11-14-15-10-03-89_99c04817c0de5652397fc8b56c3b3817.jpg

Komisi II dan Bawaslu Kalsel Ajak LSM Awasi Penyelenggaraan Pemilu 2024

Ahmad Husaini
14.11.2022

STARBANJAR - Anggota Komisi II DPR RI HM Rifqinizamy Karsayuda mengajak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk tidak hanya sekadar berpartisipasi dalam tahapan pencoblosan di pemilu 2024, peran masyarakat juga penting dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu.

Hal ini disampaikan Rifqinizamy saat menjadi pembicara sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan di Arunika Kafe, Senin (14/11/2022) siang.

"Kami memilih segmen kawan-kawan LSM se kota Banjarmasin, karena menurut pandangan kami (LSM) salah satu kelompok kritis tentu kalau partisipasi maksimal bisa kita maksimalkan, maka (LSM) bagian dari penyelenggaraan pemilu yang Jurdil, dan bersih," ujar bang Rifqi sapaan akrabnya.

Dia menuturkan pemimpin yang baik dan amanah berasal dari Pemilu yang jujur dan bersih. Oleh karena itu partisipasi kelompok masyarakat sipil termasuk lintas LSM, penting untuk mewujudkan pemilu yang bersih, jujur dan adil.

"Kita ingin menghasilkan Pemilu 2024 lebih baik, oleh karena itu seluruh elemen masyarakat perlu kita ajak untuk memastikan bersama-sama pemilu berjalan dengan baik," kata legislator asal Kalsel ini.

Di tempat yang sama, Nur Kholis Majid anggora Komisioner Bawaslu Kalsel berharap ada peningkatan partisipasi masyarakat dan warga negara yang punya hak pilih untuk bisa menggunakan proses pengawasan pemilu nanti.

Dia menuturkan Komisi II DPR RI dan Bawaslu akan mensosialisasikan partisipasi dan pengawasan tahapan pemilu bersama kelompok masyarakat sipil lainnya.

"Kita berharap masyarakat bisa lebih sadar terhadap proses pemilu Kedepan, khususnya untuk menyampaikan kalau terjadi pelanggaran pemilu dan melaporkan ke Bawaslu," imbuh Majid.