starbanjar.com
ZR
ZR

Kunjungi Polda Kalsel, Dispersip Kalsel Jalin Sinergitas Tingkatkan Minat Baca

Redaksi Starbanjar
13.1.2021

STARBANJAR - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan Nurliani Dardie bersama Sekretaris Dinas M. Ramadhan berkunjung ke Polda Kalimantan Selatan, Selasa (12/1/2021). 

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Rikwanto didampingi Koorspripim Ernesto Saiser.

“Kunjungan pertama ini, selain untuk silaturahmi, juga menjalin sinergitas antara anggota Polri di Kalsel dan Dispersip Kalsel dalam rangka meningkatkan dan mempromosikan minat baca di Kalimantan Selatan,” kata Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie.

Dia mengapresiasi Kapolda Kalsel dan jajaran yang telah sukses menjalankan amanah pengamanan pelaksanaan pemilu kepala daerah di Kalsel dan pendisiplinan masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Nurliani menyampaikan permohonan kepada Kapolda untuk menjadi narasumber dalam acara talkshow virtual dengan empat tema yang diusulkan dengan waktu yang disesuaikan dengan kegiatan Kapolda Kalsel.

“Kami juga mengundang bapak Kapolda kiranya berkenan berkunjung ke Perpus Palnam untuk melihat Layanan Perpustakaan yang telah berubah agar semakin menarik pemustaka untuk datang membaca buku di perpustakaan,” kata Nurliani.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Rikwanto menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya dan bersedia dengan menjadwalkan akan hadir pada acara talkshow dengan memberikan sub materi yang akan disampaikan segera.

“Kami mengapresiasi semangat Kadispersip dan jajaran untuk selalu meningkatkan kinerja minat baca di masyarakat apalagi telah ada buku secara digital yaitu E-Kalsel yang sangat memudahkan masyarakat membaca buku dimanapun dan kapanpun,” ujar Rikwanto.

Dia mengajak kepada seluruh masyarakat Banua agar semakin rajin membaca karena membaca itu menambah pengetahuan.

“Dengan menambah pengetahuan kita menjadi pintar dan kita bisa menghadapi masa depan kita yang lebih baik lagi,” katanya.

Selanjutnya Kadispersip dan Kapolda Kalsel sepakat melakukan kolaborasi dan sinergitas dalam membangun budaya Literasi pada masyarakat Kalimantan Selatan dengan program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di masa yang akan datang, seperti menghadirkan mobil atau trail perpustakaan ke daerah sungai dan pesisir di desa-desa.

Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan dan pengetahuan masyarakat dengan mendekatkan buku-buku yang bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.