starbanjar.com
Lapak
Lapak

Lapak PKL Handil Bakti Ditertibkan Seiring Proyek Pelebaran Jalan Trans Kalimantan

Putri Nadya Oktariana
20.10.2020

STARBANJAR - Puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berjejer di kawasan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, mulai ditertibkan aparat seiring dengan dimulai proyek pelebaran Jalan Trans Kalimantan, pada Senin (19/10/2020).

Dari pantauan Starbanjar, penertiban lapak itu dilakukan dari jam 9 pagi. Melibatkan aparat dari Satpol PP Batola dibantu dengan dua alat berat berupa excavator dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XI.

Kasatpol PP Batola, Anjar Wijaya, menyebut penertiban mesti diselesaikan pada hari ini juga. Sebelumnya, Pol PP Barito Kuala juga telah menerbitkan los pedagang di dekat Terminal Handil Bakti, Minggu siang kemarin (18/10/20).

"Untuk penertiban kios pedagang sekitaran terminal kemaren sudah kita selesaikan, kita dahulukan disekitaran terminal supaya pedagang yang didaerah sebrang sungai ini bisa diterbitkan juga kiosnya," tutur Anjar.

Adapun para pedagang ini sudah dipastikan Pemkab Batol untuk pindah ke Pasar Terminal Handil Bakti. Di sana, pemkab menyediakan 209 tempat terdiri atas 160 los dan 40 kios. Pengundian los dan kios pun juga telah dilakukan pedagang 5 hari yang lalu yakni pada tanggal 14 Oktober 2020.

Di sisi lain, ada Syamsul selaku PKL yang terlihat turut berkemas dan mengambil sisa -sisa kayu di lapak dagangannya. Syamsul mengaku dirinya sebagai pedagang tidak merasa dirugikan sama sekali akibat adanya relokasi kios ini.

"Karena ini program pemerintah yakni pelebaran jalan ya kita turut mendukung karena setelah digusur nantinya pasti juga akan terlihat bersih," tutur Syamsul pedagang sembako yang telah berjualan sejak 2011 di lahan seberang sungai Handil Bakti ini.


Perihal daya beli yang menurun akibat pemindahan kios, Syamsul tak ambil pusing karena menurutnya rezeki bisa datang darimanasaja.

"Kalau daya beli menurun setelah kita dipindah dipasar sana ya apa boleh buat, bisa saja kita pindah lagi nanti kepasar lain, toh rezeki bisa datang darimana saja," ucapnya.