starbanjar.com
FB_IMG_1667261046312.jpg

Lepas 285 Peserta Porprov XI Asal Batola, Noormiliyani Yakin Kontingen Persembahkan yang Terbaik

Ahmad Husaini
31.10.2022

STARBANJAR - Kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI dan Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel tahun 2022 asal Kabupaten Barito Kuala (Batola) dilepas Bupati Hj Noormiliyani AS, Senin (31/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Batola ini ditandai pelepasan balon dan pemasangan topi secara simbolis dari Bupati Noormiliyani kepada ketua rombongan, perwakilan NPC (National Paralympic Committee), dan 2 perwakilan atlet. 

Pelepasan kontingen Batola juga ditandai penyerahan pataka KONI dari bupati kepada Ketua Rombongan Akhmad Wahyuni serta penyerahan Piagam Ucapan Terima Kasih dari Ketua KONI Dahlan kepada Bupati Noormiliyani. 

Tak hanya itu, pelepasan kontingen menuju Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini juga diselingi atraksi judo dari atlet judo asal Batola di hadapan bupati, wakil bupati, forkopimda dan seluruh hadirin. 

Bupati Noormiliyani mengatakan, even Porprov XI dan Peparprov IV Kalsel di Kandangan, HSS, menjadi momentum para atlet menunjukan potensi, bakat, dan kemampuan yang ditempa dan dilatih sekaligus untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana perkembangan dan kemajuan telah dicapai atas pembinaan dan pelatihan yang laksanakan selama ini, baik bagi para atlet maupun para pengurus dan pelatih.

Hal lain yang harus dicamkan, kata Noormiliyani dari ajang ini tidak hanya sebagai arena meraih prestasi di bidang olahraga namun juga membawa misi mengangkat citra dan nama baik daerah.

“Memang untuk menjadi juara dalam sebuah kompetisi bukanlah hal mudah. Namun saya yakin dan percaya dengan perjuangan maksimal dan semangat pantang menyerah insya Allah akan mendapatkan hasil yang optimal dan membanggakan,” ucapnya. 

Karenanya, kepada peserta yang berangkat, ia minta untuk senantiasa mengedepankan sikap dan perilaku yang mencerminkan citra daerah dengan menaati setiap aturan dan tata tertib di arena pertandingan, menjunjung tinggi sportivitas, adat istiadat, serta budaya masyarakat setempat. 

Kepada seluruh hadirin dan masyarakat Batola, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini memohon doa agar rombongan yang berangkat mampu memberikan dan mempersembahkan yang terbaik bagi Bumi Ije Jela tercinta.  

Ketua KONI Batola Drs Dahlan MSi mengutarakan, kontingen Porprov XI dan Peparprov IV Kalsel dari Batola yang berangkat ke Kandangan seluruhnya 286 orang yang terdiri dari 146 atlet, 35 pelatih, dan 7 official dari 20 cabor Porprov. 

Selain itu juga terdapat 38 atlet NPC, 10 pelatih, official dan pendamping, ditambah 39 rombongan KONI dan 11 tim kesehatan. 

20 cabor yang turut berlaga di Porprov XI Kandangan, urai mantan Kadis PMD Batola ini, terdiri dari PERCASI, PASI, PJSI, PRSI, POBSI, PGSI, PTMSI, FORKI, PERKEMI, PERPANI, PABERSI, IKASI, PJTI, GABSI, PBSI, PSSI, TINJU, ESI, PENCAK SILAT, dan GATEBALL. 

Sementara dua cabor unggulan Batola Dayung dan Menembak tidak dipertandingkan. Dahlan tetap optimis torehan prestasi Batola tidak melorot, bahkan meningkat dari perolehan medali pada Porprov di Tabalong. Mengingat atlet yang dikirim minimal meraih perunggu di Kejurprov Kalsel. 

“Atlet yang kami ikutkan di Porprov XI Kandangan ini perolehan medalinya di ajang Kejurprov lalu seluruh ada 116 medali yang berasal dari 29 emas, 43 perak, dan 44 perunggu,” papar Dahlan. 

Ajang Porprov XI Kalsel di Kandangan (HSS) berlangsung sejak 05 – 13 November 2022 dengan jumlah yang dilombakan sebanyak 42 cabor. 

Batola memberangkatkan 3 cabor lebih awal yakni sepakbola, bulutangkis, dan karate karena cabor ini dipertandingkan sebelum pembukaan yaitu tanggal 1 dan 2 November 2022.