Lewat Gerai Mitra10, PT Catur Sentosa Adiprana Ekspansi Bisnis ke Kalsel

Redaksi Starbanjar - Senin, 24 Mei 2021 22:45 WIB
Suasana di dalam gerai Mitra 10. Source: Ist (sumber: Source: Ist)

STARBANJAR- Gerai bahan bangunan modern, Mitra10, dikabarkan bakal hadir di Kota Banjarmasin. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) selaku pemilik ritel ini berencana melakukan ekspansi pada pertengahan tahun 2021 ini.

Selain Banjarmasin, ada tiga daerah lainnya yang disasar sebagai wilayah ekspansi CSAP. Yakni Tegal, Semarang, dan Palembang. Empat daerah ini bakal menambah daftar panjang gerai Mitra10 yang jumlahnya sudah mencapai 38 toko se-Indonesia,

Terkait target pengembangan jaringan Mitra10, perseroan menargetkan untuk memiliki 50 gerai di tahun 2022-23. Dengan demikian pada akhir tahun 2021 mendatang, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko di seluruh Indonesia. Adapun 8 toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya yang sempat tertunda karena isu pandemi.

Untuk mendukung rencana tersebut, CSAP pada tahun 2021 telah menyiapkan belanja modal (CAPEX) sebesar Rp500 miliar dimana 80% dari capex dialokasikan untuk membiayai ekspansi ritel modern Mitra10 dan Atria.

Selain pengembangan agresif di segmen ritel modern, kontribusi private brand juga menjadi penting karena dapat meningkatkan margin yang lebih baik yang ujung-ujungnya meningkatkan profitabilitas. Kontribusi private brand di segmen ritel sudah mencapai 26% sedangkan di segmen distribusi lebih kurang mencapai 22%. Private brand yang dimiliki di Mitra10 : Tidy, Sincere, Zehn, dll., sedangkan di distribusi antara lain : Happy House, Volk, Renovo, dll.

Pertumbuhan angka penjualan dan membaiknya marjin akan membuat pertumbuhan laba Perseroan semakin solid dimasa mendatang. Sehingga tumbuh berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan terutama para pemegang saham.

Tahun 2021 Catur Sentosa Grup menargetkan pertumbuhan konsolidasi sebesar 10%, segmen distribusi ditargetkan tumbuh sebesar 6% sedangkan segmen retail ditargetkan tumbuh sebesar 15%. Manajemen yakin dengan masih tingginya kebutuhan akan rumah tinggal dan renovasi akan tetap mendorong tumbuhnya pendapatan perseroan.

Selain itu, membaiknya penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi dipercaya akan menjadi salah-satu katalis positif bagi masyarakat dan dunia usaha untuk secara bertahap bersama-sama memulihkan perekonomian nasional.

Laporan keuangan Year to Date (YTD) Maret 2021 masih dalam tahap penyelesaian. Pada 1Q2021 pertumbuhan konsol diprediksi sebesar 13%. 

Tags Mitra10PT CSAPBagikan

RELATED NEWS