starbanjar.com
FB_IMG_1668875908328.jpg

Lewat Sentra Industri, Banjarmasin Siapkan Kembangkan Potensi Daerah

Ahmad Husaini
19.11.2022

STARBANJAR - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin menggelar sosialisasi sentra industri, bertempat di Hotel Galaxy, Kota Banjarmasin, Sabtu (19/11/2022).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, yang dihadiri Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, Ketua TP-PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah dan narasumber serta jajaran terkait.

"Hari ini kita melaksanakan sosialisasi sentra industri, khususnya industri rakyat di Banjarmasin. Karena banyak sepertinya industri rakyat di Kota Banjarmasin ini yang tumbuh subur. Terutama di kawasan Alalak, di kawasan Kuin," ucap H Ibnu Sina.

Menurutnya, sentra industri tersebut perlu dikelola oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian agar para pelaku industri sentra industri merasa terayomi baik itu dari aspek pembinaan, aspek peningkatan skill dan kemampuan bahkan hingga pemasarannya. 

"Nah, itu perlu dikelola oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian sehingga nanti dapat meningkatkan perekonomian rakyat," kata Ibnu Sina.

Sementara itu, Tezar menambahkan pembentukan sentra dan juga IKM-IKM yang ada di Kota Banjarmasin cukup banyak dan kedepannya pihaknya juga akan menyasar sentra-sentra industri besi seperti di Kuin Selatan.

"Untuk kemasannya sendiri nanti kita gelar pada pelatihan lainnya, dan kita juga sudah memiliki rumah kemasan InsyaAllah tahun 2023 akan rutin pelatihannya," tutupnya.