starbanjar.com
BPR Tala
BPR Tala

Mantap, Dividen BPR Tala Berkontribusi PAD Rp 200 Juta

Redaksi Starbanjar
19.4.2022

STARBANJAR - Meski di tengah pandemi, kinerja Bank Perkreditan Rakyat Tanah Laut (BPR Tala) terus bertumbuh dan menunjukkan peningkatan signifikan.

BPR Tala berhasil meraup keuntungan gross income (pendapatan kotor) mencapai Rp 800 juta.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT BPR Tala di Hotel Aston Banua, Selasa (19/4/2022), diputuskan dividen tahun buku 2021 sebesar Rp 200 juta.

Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengapresiasi kinerja BPR Tala yang mampu menyumbang ratusan juta rupiah yang diperuntukkan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanah Laut.

Sukamta menjelaskan dividen yang didapatkan belum termasuk Pajak Penambahan Nilai (PPN) sebesar 11 persen, yang baru diberlakukan belum lama tadi.

“Secara keuntungan terjadi kenaikan, namun meningkatnya angka pajak hingga 11 persen membuat pendapatan menjadi turun,” kata Sukamta dalam keterangannya.

Sukamta mengaku bangga atas kinerja BPR Tala yang semakin baik dan bisa menyetorkan keuntungan untuk PAD, meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. 

Ia meyakini tahun depan dengan usaha yang lebih keras lagi BPR mampu memberikan setoran yang lebih banyak hingga Rp 400 juta. 

Mengingat keuntungan yang didapat tahun depan tidak dipotong untuk membayar utang, karena telah dibayarkan seluruhnya tahun ini. 

“Semoga tahun depan setoran untuk PAD terus meningkat, jika terus meningkat maka artinya kinerja BPR Tala semakin baik dari waktu ke waktu,” ucap bupati.

Kendati demikian, Sukamta mengingatkan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL)  BPR Tala cukup tinggi. Berkisaran tujuh persen. Kendati demikian, sambungnya akan secepatnya diselesaikan pemerintah daerah dan BPR Tala.

“Saat ini NPL menjadi pekerjaan rumah kita semua, tapi pada prinsipnya saya menilai kinerja BPR Tala sudah sangat bagus dan akan didorong lebih bagus lagi di tahun-tahun mendatang,” tutup Kamta.