starbanjar.com
U1603321.jpeg
Tim Nasional Indonesia menyegel satu tempat di Piala Asia tahun 2023 setelah mengalahkan Nepal dengan skor telak 7-0. Indonesia Lolos karena menjadi satu dari lima runner up terbaik. 

Menang Telak, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia

Redaksi Starbanjar
15.6.2022

STARBANJAR - Tim Nasional Indonesia menyegel satu tempat di Piala Asia tahun 2023, karena menjadi satu dari lima runner up terbaik.  

Hal ini setelah Timnas Indonesia berhasil menang telak 7-0 atas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6) dini hari WITA.

Skuad asuhan Shin Tae Yong lolos bersama Yordania dari Grup A yang menjadi juara grup.

Hasil ini juga membuat Timnas Indonesia kembali tampil di Piala Asia setelah menanti 15 tahun. Terakhir kali Timnas Indonesia bermain di putaran final saat menjadi tuan rumah bersama tahun 2007.

Sebelum laga Indonesia di atas angin, karena Yordania berhasil mengandaskan Kuwait dengan skor 3-0. Praktis anak asuh STY hanya butuh hasil seri untuk mengunci satu tempat.

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia sudah membuka keunggulan melalui Dimas Drajad saat laga baru berjalan enam menit. Sundulan Dimas memanfaatkan umpan Asnawi menggetarkan gawang Nepal.

Alih-alih mampu menyamakan kedudukan, Nepal harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-33. Suman Aryal menerima kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras kepada Asnawi dalam duel perebutan bola.

Tak ingin menyia-nyiakan keunggulan pemain, Timnas Indonesia mampu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-44. Umpan terukur Asnawi mampu dimaksimalkan Witan untuk menggetarkan gawang Nepal.

Hasil ini bertahan hingga turun minum. Tim Garuda bisa unggul 3-0 pada menit ke-53. Kesalahan Karki yang tidak akurat membaca arah bola membuat bola jatuh tepat di depan Fachruddin Aryanto yang dengan mudah menceploskan bola.

Semenit berselang, Timnas Indonesia bisa kembali menggetarkan gawang Nepal. Kali ini umpan Rafli mampu dimaksimalkan Saddil untuk memperbesar keunggulan skor menjadi 4-0.

Umpan terukur Witan Sulaiman berhasil dimanfaatkan dengan baik Elkan Baggott lewat tembakan terarah dari luar kotak penalti skor 5-0 untuk kemenangan Tim Garuda.

Tak berselang lama, Witan kembali mencatatkan namanya di papan skor melalui sontekan pelan dari dalam kotak penalti.

Pada menit ke-90, pemain pengganti Marselino Ferdinan mencetak gol ketujuh buat Timnas Indonesia. Sepakan Marselino bersarang ke sudut kiri gawang Nepal. Skor 7-0 bertahan hingga laga usai.

Keberhasilan Timnas Indonesia Lolos ke putaran final piala Asia diikuti dengan torehan mentereng. Anak asuh STY mampu menceploskan 9 gol, catatan yang sama dengan timnas Uzbekistan. 

Tim Garuda hanya kalah dengan Palestina yang berhasil mencetak 10 gol dalam babak kualifikasi.