Menengok Perjalanan AB Team, Komunitas Game di Kalsel yang Lahirkan Banyak Atlit E-sports

Banjar Community 23 Jun 2020, By Tim Starbanjar
Menengok Perjalanan AB Team, Komunitas Game di Kalsel yang Lahirkan Banyak Atlit E-sports (Source: Istimewa)

STARBANJAR- Di tengah terbatasnya interaksi fisik akibat pandemi COVID-19, anak muda di Kalimantan Selatan justru semakin menggandrungi e-sports. Bahkan kini banyak tim e-sports yang lahir dan rutin mengikuti berbagai turnamen di tingkat kota dan provinsi.

Salah satu tim yang kerap mengikuti turnamen dan menjadi penyelenggara kompetisi e-sports di wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru adalah AB Esports Team yang tergabung dalam LAZone Banjarmasin.

Sang pendiri sekaligus pemilik, Achmad Aulia Rahman mengatakan AB Esports Team awalnya dibentuk dari keisengan dirinya dan saudara-saudaranya pada tahun 2016.

“Awalnya saya ingin main game dengan banyak teman. Terus saya berlima dengan sepupu-sepupu sepakat untuk membentuk AB Esports Team ini. Seiring berjalannya waktu, AB Esports Team terus tumbuh hingga memiliki anggota yang sangat banyak seperti sekarang,” ungkap Bos AB itu beberapa waktu lalu.

Aulia menambahkan AB Esports Team yang tergabung dalam LAZone Banjarmasin terus berkembang dan kini memiliki lebih dari 2.000 anggota. Dengan jumlah anggota sebanyak itu, AB Esports Team menjelma menjadi tim esports terbesar dan terkuat di Kalimantan Selatan.

“AB ESports Team menaungi banyak tim-tim khusus, seperti misalnya tim PUBG, tim Mobile Legends, tim Free Fire, tim PES, dan lain sebagainya. Rata-rata tim-tim besutan AB ini sering menjadi juara jika berkompetisi di wilayah Kalimantan Selatan. Sebagai bentuk apresiasi, pencapaian mereka selalu kami share di akun Instagram @abindonesia,” imbuhnya.



Banyaknya peminat gamers untuk bergabung dengan AB Esports Team yang tergabung dalam LAZone Banjarmasin tak lepas dari begitu perhatiannya manajemen terhadap para member. Jika member berhasil menjadi juara dalam sebuah kompetisi, tidak akan ada potongan hadiah dari AB.

“Kami tidak pernah memotong jumlah hadiah yang diperoleh member saat mereka menjadi juara di sebuah kompetisi. Kami justru memberikan bonus yang jumlahnya sesuai dengan nominal hadiah. Misal hadiahnya Rp 2 juta, otomatis kami akan memberikan tambahan bonus ke mereka juga sebesar Rp 2 juta,” tuturnya.

Sementara itu manajer AB Esports Team, M. Alfian Bimantara menjelaskan setiap timnya membuat kompetisi untuk menjaring anggota baru, selalu banyak peminatnya. Inilah yang membuat jumlah anggota AB Esports Team yang tergabung dalam LAZone Banjarmasin semakin besar.

“Saat ini semakin banyak orang yang ingin bergabung dengan AB Esports Team. Bahkan mereka ini berasal dari seluruh Indonesia. Jumlah member AB Esports Team mencapai 2.030 member,” ujar pria yang biasa disapa Bima ini.

Hadirnya AB Esports Team di Banjarmasin dan Banjarbaru tentu berdampak positif bagi para gamers terutama di masa pandemi virus corona. Mereka mendapatkan wadah yang bisa memberikan pembinaan sekaligus fasilitas untuk berkompetisi.

undefined

Putri Nadya Oktariana