starbanjar.com
Ini Dia Cara Download Lagu TikTok Terbaru Tanpa Aplikasi Snaptik
Pengertian dan cara muncul di FYP TikTok

Mengenal FYP TikTok dan Cara Kerjanya

Redaksi Starbanjar
24.6.2022

STARBANJAR - TikTok salah satu media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia. Popularitas TikTok mampu mengimbangi media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram hingga Twitter.

TikTok memiliki banyak fitur yang membuat aplikasi ini ramah pengguna, salah satunya fitur For You Page alias FYP yang tampil pertama kali saat membuka aplikasi. 

Apa itu FYP? Bagi pengguna TikTok, tentu saja istilah tersebut sudah tidak asing lagi karena akan selalu muncul tiap kali membuka media sosial satu ini.

FYP berisi koleksi video khusus yang telah dikurasi TikTok untuk memenuhi minat dan selera masing-masing pengguna.

Sesuai dengan namanya, For Your Page atau jika diterjemahkan berarti Halaman untuk Anda, fitur ini akan memperlihatkan video berdasarkan jenis video yang banyak Anda lihat atau sukai. 

Kemunculan video-video pada halaman FYP tentu didasarkan pada algoritma TikTok, sehingga pengguna TikTok dapat dengan mudah menemukan video yang sejenis dengan apa pernah mereka lihat atau sukai. 

Singkatnya, fitur TikTok ini serupa dengan kolom Explore Instagram.

Selain didasarkan pada video yang banyak disukai, FYP juga menampilkan video dengan jumlah viewers tinggi sehingga mereka yang videonya muncul di FYP akan memiliki lebih banyak penonton lagi.

Cara Kerja FYP

Dalam memilih video yang muncul di FYP, terdapat setidaknya tiga kategori utama yaitu interaksi pengguna, informasi video, serta pengaturan akun.

Interaksi pengguna berarti aktivitas pemilik akun mengenai video yang disukai, jenis akun yang diikuti, konten yang diunggah, atau bagaimana mereka meninggalkan jejak pada vide-video yang dilihat.

Sementara itu, informasi video berarti berdasarkan pada musik yang digunakan. Tidak heran jika banyak sounds naik daun berasal dari fitur ini. Selain itu, penggunaan tagar (hastag) #fyp juga akan berpengaruh.

Cara Tampil di FYP TikTok

Simak tips berikut agar unggahan video tampil di FYP TikTok.

1. Gunakan hashtag populer

Menggunakan hashtag populer membantu video Anda agar lebih terorganisir sehingga bisa tayang di FYP. Berikut cara mudah untuk menemukan hashtag TikTok yang relevan:

Buka tab Discover lalu lihat beberapa hashtag trending teratas.

Cari topik yang relevan melalui pencarian.Anda akan melihat hashtag serupa.

Lihat hashtag yang digunakan video dengan penonton yang banyak.

Menggunakan hashtag TikTok membuat konten Anda mudah ditemukan.

Dibandingkan hanya menampilkan konten kepada pengikut, menggunakan hashtag membuka kemungkinan untuk lebih banyak pengguna.

2. Ikuti tren yang populer

Tren dapat berasal dari berbagai fitur di aplikasi, seperti suara, tarian, transisi, tantangan atau hashtag. Cara termudah untuk mengidentifikasi tren adalah menelusuri melalui tab Discover yang akan menampilkan berbagai suara atau topik yang sedang populer.

Telusuri hashtag #trendalert untuk mengidentifikasi tren yang banyak diikuti orang lain.

3. Gunakan musik populer

Agar video lebih optimal, tambahkan musik populer sebagai latar suara.

Tujuannya adalah membuat konten Anda lebih mudah diakses sehingga lebih banyak penonton. Menggunakan lagu viral disarankan supaya video lebih menarik.