starbanjar.com
20240130010246.jpg
5 Fakta di Balik Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

Menyingkap 5 Fakta Menarik Film Siksa Kubur Joko Anwar

Redaksi Daerah
18.4.2024

JAKARTA—Joko Anwar baru saja merilis film horor terbarunya yaitu terbarunya, Siksa Kubur. Film bergenre horor ini sudah tayang di layar-layar bioskop mulai 10 April 2024 atau saat libur Lebaran. 

Film produksi Come and See Pictures ini menjanjikan adegan demi adegan mencekam yang sebagian telah dibocorkan dalam teaser yang dirilis Rabu, 21 Februari 2024. Siksa Kubur sendiri berkisah tentang siksaan di dalam liang lahat yang membuat penonton bakal bergidik ngeri. Berikut ini sejumlah fakta film Siksa Kubur karya Joko Anwar.

Fakta Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

Tantangan Agar Terasa Nyata

Membesut Siksa Kubur menjadi tantangan tersendiri bagi Joko Anwar. Dia mengaku harus mempersiapkan segala aspek agar film horor tersebut terasa nyata. “Bagaimana agar penonton percaya siksa kubur itu ada,” ujar Joko dalam keterangannya, dikutip Jumat, 23 Februari 2024. Joko mengatakan genre horor tak melulu bergantung pada suasana yang mengagetkan penonton. 

Relate dengan Warga Indonesia

Jika film-film Joko Anwar sebelumnya banyak mengusung tema anti-mainstream, kali ini dia ingin membuat film horor yang lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Film yang sudah mulai syuting sejak September 2023 itu juga akan membawa perspektif segar tentang film horor. 

Baca Juga: Ada Gadis Kretek, Ini Daftar Film Indonesia yang Meraih Sukses di Festival Internasional 2023

Film ke-10 Joko Anwar

Joko Anwar dikenal sebagai sutradara yang telah menelurkan sejumlah film dengan kisah fenomenal. Hal itu seperti Pintu Terlarang, Pengabdi Setan, hingga Perempuan Tanah Jahanam. Siksa Kubur sendiri merupakan film ke-10 Joko Anwar selama 20 tahun kariernya sebagai sutradara dan penulis. 

Melalui Siksa Kubur, dia ingin menunjukkan karya baru yang lebih bermakna dan dewasa dengan pembangunan karakter lebih kuat. “Setelah 20 tahun bekerja sebagai penulis dan sutradara, saya ingin membuat film yang lebih punya makna, lebih dewasa, secara cerita serta pembangunan karakter lebih kuat dari film-film sebelumnya,” ujarnya.

Bertabur Bintang

Reza Rahadian dan Faradina Mufti menjadi pemeran utama dalam Siksa Kubur. Tak berhenti di situ, film ini turut diramaikan banyak sosok yang populer di dunia film seperti Fachri Albar, Happy Salma, Slamet Rahardjo Djarot, Christine Hakim, Arswendy, Niniek L. Karim dan lain sebagainya. 

Tak Sepenuhnya Pakai CGI

Proses produksi film Siksa Kubur tak sepenuhnya menggunakan Computer-Generated Imagery (CGI) atau efek komputer. Banyak adegan yang dibuat dengan efek praktikal agar terasa lebih nyata sehingga penonton dapat merasakan kecemasan maksimal.

Selain adegan mencekam, tata suara yang menjadi elemen kuat dari film horor juga akan dibuat semaksimal mungkin. Joko Anwar ingin para pemirsa ikut merasakan apa yang dialami karakter, terutama di dalam kubur.

Itu dia sejumlah fakta Siksa Kubur yang mulai tayang 10 April 2024. Sudah tak sabar menyimak film horor terbaru milik Joko Anwar? 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 23 Feb 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 18 Apr 2024