starbanjar.com
Laporan kuartal perusahaan Meta Platforms Inc menunjukkan hasil yang beragam.
Laporan kuartal perusahaan Meta Platforms Inc menunjukkan hasil yang beragam.

Meta Kembangkan Aplikasi Media Sosial Baru, Diisukan Bakal Jadi Pesaing Twitter

Redaksi Starbanjar
12.3.2023

STARBANJAR- Perusahaan induk Facebook, meta dikabarkan tengah mengerjakan aplikasi jejaring sosial berbasis teks secara mandiri dengan kode P92. Menurut rumor, aplikasi ini akan langsung menjadi saingan Twitter dan Mastodon.

Mengutip Moneycontrol Jumat, 10 Maret 2023, Meta mengonfirmasi bahwa kabar tersebut benar adanya.  Meski begitu, perusahaan tak membagikan banyak detail mengenai apa yang tengah digarapnya.

"Kami sedang menjajaki jejaring sosial terdesentralisasi yang berdiri sendiri untuk berbagi pembaruan teks. Kami percaya ada peluang untuk ruang terpisah di mana pembuat dan tokoh masyarakat dapat berbagi pembaruan tepat waktu tentang minat mereka," kata juru bicara Meta sebagaimana dikutip dari Moneycontrol.

Rencana meta membua jejaring sosial baru rupanya terendus sejak akhir tahun lalu. Pada Desember 2023, sebuah bocoran mengatakan bahwa saat ini Facebook tengah mengembangkan aplikasi yang berfokus pada teks menggunakan teknologi Instagram.

Laporan tersebut mengatakan bahwa aplikasi yang kini masih menjadi proyek pengembangan tersebut akan berada di bawah Instagram dan memungkinkan pengguna masuk menggunakan akun instagram.

Meski demikian, tampaknya penyatuan dua hal ini bisa dibilang sulit. Pasalnya, Instagram merupakan jejaring sosial berbasis gambar. Namun, jika melihat itur Instagram yang baru diluncurkan yang disebut Notes memungkinkan pengguna untuk berbagi posting teks dengan pengguna lain, bisa jadi kedepannya fitur tersebut bisa menjadi dasar untuk aplikasi berbasis teks yang akan datang.

Meski saat ini kode P92,  masih dalam tahap awal pengembangan, kedepannya bisa jadi aplikasi ini emnjadi sebuah hal baru yang akan berdiri sendiri. Artinya P29 bukan hanya fitur yang ditempelkan ke Instagram.

Sebab, jika P92 merupakan aplikasi terdesentralisasi, maka kemungkinan aplikasi akan mendukung protokol jejaring sosial terdesentralisasi ActivityPub, yang menjadi dasar Mastodon.

Jika benar demikian, hal tersebut tentunyaakan menjadi perubahan besar dalam strategi Meta yang mengontrol hampir semua aspek jejaring sosial lain yang dimilikinya.