starbanjar.com
Presiden Jokowi.jpeg
Momen presiden jokowi bersama Bupati Barito Kuala semobil saat peresmian jembatan Alalak.

Momen Jokowi Ajak Noormiliyani Satu Mobil Bersamanya Saat Peresmian Jembatan Sei Alalak

Redaksi Starbanjar
21.10.2021

STARBANJAR – Ada momen menarik saat peresmian Jembatan Sei Alalak. Presiden Joko Widodo  mengajak Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS satu mobil bersamanya.

Kejadiannya berlangsung seusai presiden meresmikan jembatan yang menghubungkan Kabupaten Batola dengan Kota Banjarmasin, Kamis (21/10/2021).

Saat peresmian berlangsung, kepala negara mengetahui Noormiliyani satu-satunya perempuan yang ikut hadir di acara itu. Ketika peresmian berakhir, presiden pun mengajak bupati perempuan satu-satunya di Kalsel ini ikut satu mobil bersamanya.

Hal itu juga disaksikan sejumlah pejabat seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Kepala BPJN Syauqi Kamal, dan undangan.

“Bisa satu mobil bersama presiden merupakan keberuntungan dan kebahagiaan yang sangat jarang dirasakan setiap orang,” tutur seorang warga saat menyaksikan momen tersebut.

Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Sei Alalak ditandai penekanan sirine dan penandatanganan prasasti. Jokowi mengaku mendengar masyarakat sudah tak sabar menunggu peresmian.

Sebab infrastruktur konektivitas ini dinilai memiliki fungsi sangat penting sebagai jalur utama Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalsel seperti Kabupaten Batola hingga Kalteng.

Jembatan yang dibangun sebesar Rp 278 miliar dengan teknologi tinggi dan tahan gempa ini juga berfungsi mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar rusak akibat diterjang banjir.

Kepala negara berharap jembatan sepanjang 850 meter yang diperkirakan mampu bertahan 100 tahun dan tahan gempa itu keberadaannya dapat menjadi konektivitas dalam memperlancar arus transportasi.

Selain itu, juga diharapkan mengefisiensi biaya logistik, mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru.