Mulai Besok, Lima Pasang Kepala Daerah Pemenang Pilkada Kalsel Resmi Jalankan Pemerintahan

Redaksi Starbanjar -25 Februari 2021 09:13 WIB,
Jsjsjwsj (sumber: Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar. Source: Istimewa)

STARBANJAR- Penjabat Sekdaprov Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, memastikan bahwa pada Jum'at (26/2/2021) akan digelar pelantikan lima pasang kepala daerah pemenang Pilkada Kalsel 2020.

Pelantikan ini meliputi pasangan kepala daerah di Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu, dan Balangan.

Sementara, untuk dua daerah seperti Kota Banjarmasin dan Kotabaru, masih harus menunggu putusan final di Mahkamah Konstitusi lantaran ada sengketa hasil pilkada.

Menurut Roy, pelantikan ini akan digelar di Mahligai Pancasila Banjarmasin dengan pembatasan yang ketat.

"Tak ada undangan berlebihan. Hanya ada pendamping dan keluarga," kata Roy. Pembatasan ini dilakukan mengingat Kalsel sampai saat ini masih dibayangi pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui sesuai surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI tertanggal 15 Februari 2021, pelantikan kepala daerah terpilih yang tidak terjadi gugata di MK RI, dilaksanakan minggu ke 4 bulan Februari.

Masih berdasarkan surat bernomor : 131/966/OTDA yang ditandatangani Direktur Jendral Otonomi Daerah (Otda) Kemedagri, tersebut tata cara pelaksanaan pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2020 melalui media teleconfrence dan atau video confrence dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

 

Bagikan:

RELATED NEWS