Mulai Melandai, Sisa 4 Kelurahan di Banjarmasin yang Berstatus Zona Merah Covid-19

Banjar UPDATE 18 Sep 2020, By Tim Starbanjar
Mulai Melandai, Sisa 4 Kelurahan di Banjarmasin yang Berstatus Zona Merah Covid-19 (Source: Istimewa)

STARBANJAR- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin melaporkan ada kecenderungan penurunan kasus Virus Corona dalam waktu beberapa bulan terakhir.

Menurut elite pemko, klaim ini bisa dilihat dari puluhan kelurahan yang berhasil dikendalikan menjadi zona hijau Covid-19. Bahkan, kini cuma tersisa 4 kelurahan yang berstatus merah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, menyebut empat kelurahan yang tersisa ini yakni Kuin Cerucuk, Seberang Masjid, Kuin Selatan, dan Belitung Utara. Sementara sisanya, sudah berstatus hijau, sebagian kuning.

"Ini hasil evaluasi bersama dengan seluruh kepala puskesmas serta tenaga surveillance yang menangani kasus Covid-19," ungkap Machli dalam keterangannya di Balai Kota Banjarmasin, Jum'at (18/9/2020).

Perubahan status zonasi Covid-19 ini boleh jadi mesti diapresiasi. Namun, menurut Machli, seluruh warga Kota Banjarmasin tetap wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Tidak ada jaminan suatu kelurahan yang dinyatakan zona hijau aman dari Covid-19," tegasnya.

Adapun diwartakan sebelumnya, Pemerintah Kota Banjarmasin memang memasang target agar penularan Covid-19 bisa dikendalikan dalam bulan Oktober 2020 mendatang.Namun, dengan catatan: semuanya harus patuh terhadap protokol kesehatan.

"Peran masyarakat amat dibutuhkan dalam pencegahan Covid-19," tegansya.

undefined

Redaksi Starbanjar