starbanjar.com
Mexico_City_Reforma_Street.jpg
Negara dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Dunia (Wikipedia)

Negara-negara yang Harus Diwaspadai Karena Tingkat Kriminalitas Tertinggi

Redaksi Daerah
25.7.2024

JAKARTA – Kejahatan memang selalu menjadi mengancam tatanan masyarakat dan menghambat pembangunan sosial dan ekonomi. 

Masalah kejahatan bisa melintasi batas negara, muncul dalam berbagai bentuk dan tingkat keparahan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi, politik, dan sosial. 

Dan berikut adalah negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia, ada Myanmar hingga Lebanon.

Negara dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Dunia

Dilansir dari Global Organization Crime Index, berikut negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia:

1. Myanmar

Myanmar menempati posisi pertama sebagai negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia, dengan indeks kriminalitas sebesar 8,15. Negara yang terletak di Asia Tenggara ini memiliki pasar kriminal yang luas, termasuk perdagangan manusia, penyelundupan, dan perdagangan senjata.

Selain itu, Myanmar yang dikenal sebagai Negeri Tanah Emas, juga mencatat berbagai jenis kejahatan lainnya seperti kejahatan terhadap flora dan fauna serta kejahatan keuangan.

Di sisi lain, Myanmar merupakan pemain utama dalam perdagangan narkoba global. Negara ini merupakan produsen opium terbesar kedua di dunia, yang menguasai seperempat pasokan global, dan produsen heroin terbesar di kawasan tersebut.

Perdagangan opium terpusat di kawasan sepanjang perbatasan Myanmar-China dan Myanmar-Thailand. Kawasan-kawasan ini, yang dicirikan oleh aturan hukum yang lemah, kemiskinan, kerawanan pangan, dan konflik, menciptakan lingkungan yang memungkinkan perdagangan narkoba berkembang pesat.

Sejak awal tahun 2021, Myanmar mengalami berbagai kejahatan dunia maya, termasuk peretasan, penolakan layanan terdistribusi, dan serangan malware, yang diduga digunakan untuk tujuan politik menyusul protes di negara tersebut terhadap kudeta militer. Beberapa lembaga pemerintah dan kantor berita telah menjadi sasaran.

2. Kolombia

Di urutan kedua, Kolombia memiliki tingkat kriminalitas sebesar 7,75. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 0,09 dari tahun sebelumnya.

Meskipun lebih kecil dari perdagangan kokain, perdagangan heroin Kolombia masih menghasilkan pendapatan yang cukup besar bagi organisasi perdagangan dalam negeri dan memiliki dampak negatif pada masyarakat. Klan kriminal di Cali menjalankan perdagangan dan memasok pasar kelas atas di AS bekerja sama dengan kartel Meksiko.

Kolombia juga produsen kokain terbesar di dunia, yang diselundupkan ke pasar Amerika Utara, Eropa, dan Asia, termasuk di dalam kawasan tersebut, dengan Brasil menjadi salah satu pasar konsumen kokain terbesar di dunia. 

Masalah kejahatan keuangan merajalela di Kolombia, di mana penipuan keuangan dengan menggunakan teknologi siber menjadi hal umum. Usaha kecil dan menengah sering menjadi sasaran penipuan, di mana penipu menyamar sebagai perusahaan lain untuk memperoleh layanan yang sebenarnya tidak mereka berikan.

Penghindaran pajak juga merupakan masalah signifikan, dengan tingkat penghindaran pajak di negara ini menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Kolombia juga merupakan sumber dan tujuan perdagangan manusia, di mana para pedagang manusia beroperasi dalam jaringan kejahatan terorganisasi serta kelompok bersenjata ilegal yang mapan.

3. Meksiko

Meksiko menduduki peringkat ketiga sebagai salah satu negara di Amerika Utara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia, mencapai angka 7,57. Negara ini sering kali mencatat kasus-kasus kriminal seperti penyelundupan manusia, perdagangan narkoba, dan perdagangan senjata.

Meksiko memainkan peran penting dalam perdagangan manusia antara Amerika Tengah dan Amerika Utara, bertindak sebagai pusat transit terutama bagi para korban Amerika Tengah yang menuju utara yang mungkin menghadapi berbagai bentuk eksploitasi, termasuk kerja seks dan kerja paksa.

Lalu, organisasi perdagangan narkoba Meksiko merupakan pelaku utama dalam perdagangan kokain global, yang bertindak sebagai perantara dan pengangkut narkoba di seluruh dunia. Meksiko merupakan negara transit penting untuk kokain dari Amerika Selatan ke AS dan semakin banyak ke UE.

Di sisi lain, kejahatan keuangan merupakan masalah utama di Meksiko, yang memengaruhi lembaga negara, perusahaan swasta, dan warga negara. Lembaga negara diduga terlibat dalam kejahatan keuangan seperti penggelapan pajak, yang terkait dengan penggelapan ekspor atau impor hidrokarbon.

4. Paraguay

Paraguay menempati posisi keempat sebagai salah satu negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia, dengan angka 7,52. Negara ini menghadapi berbagai tantangan dari aktor kejahatan yang cukup banyak, dengan skor 8,30 dalam hal tersebut.

Pasar kriminal di Paraguay sangat dipengaruhi dan difasilitasi oleh aktor-aktor yang tertanam di negara, mulai dari pejabat keamanan tingkat rendah hingga pejabat tingkat elit. Aktor-aktor ini tidak hanya memfasilitasi kegiatan kriminal tetapi juga menciptakan hambatan untuk menuntut pelaku kriminal dan mafia.

Korupsi begitu mengakar dalam masyarakat sehingga korupsi terus terjadi terlepas dari pemerintah, dengan petugas polisi dan pejabat di layanan negara umumnya meminta suap. Lebih jauh, ekonomi ilegal juga menjadi kunci penting bagi partai politik di Paraguay, dengan banyak penyelundup dan pengedar narkoba yang menggunakan keuntungan mereka untuk mendanai aktivitas politik mereka.

5. Republik Kongo

Republik Kongo adalah negara yang berbatasan langsung dengan Afrika Tengah dan Sudan Selatan. Tingkat kriminalitas di negara ini saat ini mencapai 7,35. Meskipun mengalami penurunan, Republik Kongo masih memiliki skor yang tinggi, khususnya dengan skor 8,50 untuk pelaku kejahatan.

Negara ini dihadapkan dengan berbagai tantangan kriminalitas, termasuk perdagangan manusia, perdagangan senjata ilegal, obat-obatan terlarang, dan masalah kerusakan hutan tropis.

6. Nigeria

Di urutan keenam, Nigeria memiliki tingkat kriminalitas sebesar 7,18. Nigeria terkenal sebagai salah satu negara dengan tingkat perdagangan manusia yang tinggi, terutama perempuan dan anak-anak. Selain itu, Nigeria juga menghadapi berbagai jenis kejahatan lainnya seperti kejahatan seksual dan berbagai bentuk pasar kriminalitas.

Perdagangan manusia merupakan isu yang serius di Nigeria, mempengaruhi pria, wanita, dan anak-anak. Jaringan yang beroperasi terutama di Kota Benin, Negara Bagian Edo, di Nigeria selatan, mengkhususkan diri dalam perdagangan seks di Afrika Barat dan Eropa.

Ada pula jaringan lain yang fokus pada eksploitasi tenaga kerja, terutama melibatkan anak-anak, untuk pekerjaan rumah tangga, mengemis, perdagangan kecil, pertambangan, dan pertanian di dalam negeri dan sekitar wilayah Afrika Barat.

Selain itu, praktik yang dikenal sebagai ‘pabrik bayi,’ di mana wanita hamil yang belum menikah dari latar belakang miskin ditipu dengan janji imbalan uang besar untuk bayi mereka, telah muncul terutama di wilayah tenggara Nigeria.

7. Afrika Selatan

Afrika Selatan mengalami tingkat kriminalitas yang tinggi sebesar 7,18. Berbagai jenis kejahatan yang sering terjadi di Afrika Selatan meliputi perdagangan manusia, penyelundupan organ tubuh, adopsi anak ilegal, dan perdagangan senjata yang masih menjadi permasalahan serius.

Afrika Selatan adalah negara sumber dan tujuan perdagangan manusia, meskipun pasar yang luas tidak terlalu berkembang di negara tersebut.

Berbagai bentuk perdagangan manusia terjadi, termasuk perdagangan seks, eksploitasi pekerja anak, perbudakan rumah tangga, penyelundupan organ, pernikahan anak, adopsi ilegal, perbudakan karena utang, ibu pengganti paksa, dan pengorbanan manusia dalam praktik muti yang dilakukan oleh beberapa suku Afrika.

Eksploitasi tenaga kerja, terutama di sektor pertanian juga merupakan masalah serius. Eksploitasi tenaga kerja dianggap sebagai ancaman yang lebih besar daripada perdagangan seks, dengan kesempatan kerja palsu diidentifikasi sebagai metode perdagangan yang paling umum. Sindikat kriminal semakin terorganisasi, dan perdagangan manusia di sepanjang rute migrasi selatan meningkat.

Korupsi, ketidakmauan pihak berwenang untuk menyelidiki kejahatan, dan persepsi bahwa perdagangan manusia sebagian besar terkait dengan eksploitasi seksual tetap menjadi tantangan signifikan bagi negara ini. Banyak korban tidak dapat melaporkan eksploitasi mereka karena konflik antara pekerja asing dan lokal.

8. Iraq

Iraq masih menghadapi tantangan besar dalam mengendalikan kejahatan terorganisir setelah bertahun-tahun konflik. Masalah utama yang dihadapi termasuk perdagangan narkoba, senjata, dan manusia, serta kekerasan yang dilakukan oleh kelompok teroris ISIS. Tingkat kriminalitas di Iraq mencapai 7,13, yang mengalami kenaikan sebesar 0,08 dari tahun sebelumnya.

9. Afghanistan

Tingkat kriminalitas di negara ini berada di angka 7.10. Afghanistan menjadi sumber, titik transit, dan tujuan perdagangan manusia. Sebagian besar perdagangan manusia terjadi di dalam negeri, meskipun beberapa di antaranya melintasi batas negara.

Pria, wanita, dan anak-anak dieksploitasi untuk kerja paksa di berbagai sektor, termasuk penenunan karpet, pembuatan batu bata, kerja rodi, budidaya dan produksi narkoba, pertambangan, dan penyelundupan.

Anak laki-laki dan pria sering diperdagangkan untuk kerja paksa di bidang pertanian dan konstruksi, khususnya ke Iran, Pakistan, dan Teluk.

Anak laki-laki juga berisiko direkrut secara paksa sebagai tentara anak dan dieksploitasi secara seksual melalui Bacha Bazi, praktik di mana anak laki-laki muda dieksploitasi secara seksual oleh pria untuk hiburan.

Pernikahan paksa tetap menjadi ancaman bagi wanita dan anak perempuan Afghanistan, khususnya sejak Taliban mengambil alih kekuasaan. Bahkan mereka yang telah meninggalkan negara tersebut berisiko dieksploitasi di pasar kerja paksa.

10. Lebanon

Tingkat kriminalitas di negara ini adalah 7.10 dengan kejahatan utama seperti perdagangan manusia yang mengincar warga negara asing serta perdagangan senjata ilegal.

Lebanon menjadi negara tujuan bagi korban perdagangan manusia dari luar negeri. Sementara perempuan dan anak perempuan dari Asia Selatan dan Asia Tenggara secara tradisional merupakan mayoritas orang asing yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Lebanon, baru-baru ini terjadi peningkatan jumlah pekerja asing dari Afrika Timur dan Barat.

Korban laki-laki dari Suriah biasanya menjadi korban kerja paksa di sektor pertanian dan konstruksi. Eksploitasi tenaga kerja khususnya meningkat di sektor jasa, di mana warga negara dilaporkan mengalami kondisi kerja yang buruk, jam kerja yang sangat panjang, dan pembayaran gaji yang ditahan.

Daerah perkotaan seperti Beirut dan Tripoli, serta daerah pertanian di provinsi timur dan utara, merupakan tempat yang terkenal sebagai tempat pemerasan tenaga kerja.

Masalah eksploitasi anak, yang mencakup pekerja anak, eksploitasi seksual, dan pengemisan jalanan, telah ada sejak lama di Lebanon sebelum perang saudara, tetapi telah mengalami peningkatan yang signifikan dengan masuknya pengungsi Suriah selama dekade terakhir.

Laporan tentang pekerja anak paksa di antara populasi pengungsi Suriah terus meningkat, terutama di sektor pertanian, konstruksi, dan penjualan jalanan. Lebanon juga telah lama menjadi tujuan bagi para wanita yang dipaksa menjadi pelacur dan menari di kelab malam, yang dibawa ke negara itu dari negara-negara Arab, semakin banyak dari Suriah, serta dari Eropa Timur.

Selain itu, pasar perdagangan senjata Lebanon sangat luas, dengan sebagian besar senjata diperkirakan dibeli di pasar gelap dan bersumber dari luar negeri.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 20 Jul 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 25 Jul 2024