Nyaris 4.000 Kasus, Kalsel Catat Pasien Positif Covid-19 Bertambah 108 Orang

Banjar UPDATE 9 Jul 2020, By Tim Starbanjar
Nyaris 4.000 Kasus, Kalsel Catat Pasien Positif Covid-19 Bertambah 108 Orang (Source : Shutterstock)

STARBANJAR - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel kembali merilis data terbaru kasus positif Covid-19, Kamis (9/7/2020).

Tercatat ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 108 kasus, keseluruhan jumlah kasus Positif Covid-19 di Kalsel sebanyak 3.926 pasien.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel HM Muslim menguraikan tambahan ratusan kasus baru, 13 diantaranya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif.

"8 PDP dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, 2 pasien dirawat di RSUD H Boejasin Pelaihari, dan masing-masing 1 pasien dirawat di RS Bhayangkara Banjarmasin, RSDU Ratu Zalecha Martapura dan RS Sari Mulia Banjarmasin," ucap Muslim.

Dia mengatakan 95 kasus baru hari ini merupakan hasil tracing kontak yang dilakukan oleh Surveilans.

Muslim merincikan hasil tracing didominasi berasal dari Kota Banjarmasin sebanyak 40 kasus, Kota Banjarbaru 18 pasien, Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 7 kasus, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 6 kasus dan Kabupaten Hulu Sungai Utara sebanyak 4 kasus.

Saat ini, ada 2.555 kasus aktif positif Covid-19 yang menjalani perawatan dan karantina khusus maupun isolasi mandiri. Selain tambahan kasus baru, jumlah pasien yang sembuh juga bertambah, kini akumulatif pasien sembuh berjumlah 1.162 kasus.

“Ada 24 pasien sembuh hari ini merupakan hasil perawatan di beberapa tempat. Diantaranya karantina khusus Bapelkes Kalsel di Banjarbaru sebanyak 4 orang, yang terdiri dari warga Kabupaten Banjar 2 orang, warga Banjarmasin 1 orang dan warga Barito Kuala 1 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.

Disusul 7 orang yang sembuh dari RSUD Ulin Banjarmasin, terdiri dari 6 warga Banjarmasin dan 1 warga Kabupaten Tanah Laut. Kemudian, kasus sembuh lainnya disumbang dari karantina khusus di Kabupaten Barito Kuala sebanyak 10 orang dan karantina mandiri di Kota Banjarbaru sebanyak 2 orang.

“Hari ini, tidak ada yang dilaporkan meninggal dunia, pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 masih seperti kemaren sebanyak 209 pasien,” tandasnya.

undefined

Redaksi Starbanjar