starbanjar.com
AirPods Anda Hilang? Jangan Khawatir, Begini Cara Menemukannya Kembali
Cara Merawat Earphone Agar Semakin Awet (Pexels.com/Ready Made)

Panduan Lengkap Merawat Earphone dengan Tepat untuk Penggunaan Jangka Panjang

Redaksi Daerah
28.3.2024

JAKARTA - Earphone adalah salah satu aksesori yang dimiliki banyak orang untuk mendukung fungsi ponsel atau laptop. Namun, tampaknya tidak semua orang mengetahui cara merawat earphone dengan tepat.

Hal itu jika dibiarkan akan membuat earphone jadi cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menyimak beberapa rekomendasi berikut ini.

Cara Merawat Earphone 

Tips Merawat Earphone dengan Kabel

Saat ini banyak sekali headphone atau earphone yang nirkabel atau tidak disertai kabel. Akan tetapi, masih tersedia earphone dengan kabel yang sekarang dijual bebas dan digunakan oleh banyak orang.

Jika Anda memiliki sepasang headphone atau in-ear dengan kabel yang tidak dapat dilepas, Anda perlu melilitkan kabel dalam loop yang relatif longgar mengikuti gulungan alami kabel di bagian dalam.

Jika Anda melilitkan kabel terlalu kencang atau terlalu longgar, kemungkinan besar kabel akan tertahan karena tidak berbentuk atau terpelintir.

Oleh karena itu, penting untuk menemukan kumparan alami kabel dengan melilitkan simpul yang tetap di tempatnya.

Tips Merawat Earphone Nirkabel

Kabar baiknya, earphone nirkabel memiliki risiko kerusakan yang lebih sedikit dibandingkan earphone kabel. Pada in-ear nirkabel, cara merawatnya adalah dengan melindungi bagian dalam wadah pengisi daya daya. Anda harus melindunginya dari air dan kotoran telinga.

Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan dan mengeringkan earphone terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam wadah pengisi daya. Air atau kelembapan apapun yang masuk ke dalam casing dapat menimbulkan masalah tersendiri.

Cara Membersihkan Headphone atau Earphone

Baik Anda memiliki earbud atau in-canal earphone, nirkabel atau berkabel, tetap perlu membersihkannya apalagi juga sudah tampak kotor.

Khusus pada in-canal earphone, Anda sebaiknya membersihkannya secara rutin karena mungkin terjadi penumpukan kotoran telinga. Kotoran telinga yang menumpuk dapat menghalangi suara treble, mengubah gambar stereo, dan terlihat tidak menarik.

Jika Anda tidak ingin membeli alat pembersih kotoran telinga, sebagian besar eartip dapat dengan mudah dikeluarkan dari lubang suara. Kemudian, bilaslah dengan air.

Anda juga harus mengeringkannya secara menyeluruh sebelum memasangnya kembali. Pastikan Anda menggunakan kain yang lembut dan tidak berbulu untuk melakukannya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat earphone agar tetap awet. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 28 Mar 2024