starbanjar.com
Kartu Kendali LPG.jpeg

Pastikan Subsidi Tepat Sasaran, Pemkab Tala Dan Bank Kalsel Terbitkan Kartu Kendali LPG

Redaksi Starbanjar
30.6.2021

STARBANJAR - Kabupaten Tanah Laut (Tala) menjadi daerah pertama di Kalimantan Selatan yang mengeluarkan kebijakan pendistribusian Liquid Petroleum Gas (LPG) Bersubsidi dengan menggunakan Kartu Kendali. 

Kartu kendali ini buah dari kesepakatan kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Tala dan Bank Kalsel terkait penerbitan Kartu Kendali Gas LPG Tiga Kilogram Bersubsidi, bertempat di Aula Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (30/6/2021).

"Kita yang pertama di Kalsel menerapkan kebijakan Kartu Kendali. Memang tidak mudah, namun dengan Kartu Kendali ini kita jamin warga pengguna LPG Tiga Kilogram bersubsidi tidak akan membayar di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 19.000 di pangkalan", ungkap bupati Tala HM Sukamta. 

Kartu Kendali yang dicetak oleh Bank Kalsel juga dapat digunakan sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kartu akan diserahkan kepada warga secara gratis dan tanpa setoran tabungan minimal. Warga cukup mengisi saldo Kartu Kendali sesuai kebutuhan. 

Pada tahap awal, 5.119 lembar kartu kendali dicetak oleh Bank Kalsel untuk warga dan penggiat usaha mikro di 11 desa dari 11 kecamatan se-Tala.

Sukamta juga menyampaikan apresiasi kepada Bank Kalsel yang telah mendukung kebijakan Pemkab Tala menerapkan Kartu Kendali LPG Tiga Kilogram Bersubsidi.

Menurutnya, penggunaan Kartu Kendali yang juga berfungsi sebagai ATM tidak hanya menjamin HET LPG Bersubsidi, namun juga mendukung progres digitalisasi daerah.

"Terima kasih kepada Bank Kalsel yang telah mendukung terwujudnya sinergi ini demi menjamin transaksi LPG Bersubsidi yang tepat sasaran. Kartu Kendali ini juga menjadi sarana edukasi kita kepada warga, yang belum pernah memiliki kartu ATM jadi berkesempatan juga menggunakan, ini juga sangat mendukung kita menuju digitalisasi daerah yang lebih canggih", imbuhnya.

Plt Direktur Utama Bank Kalsel H IGK Prasetya mengatakan bahwa Kabupaten Tala adalah yang pertama di Kalsel dalam menjalin kerja sama dengan unsur perbankan terkait transaksi LPG dengan menggunakan kartu ATM. 

"Ini merupakan terobosan baru dari pemerintah daerah. Pemkab Tala adalah daerah yang pertama menjalin kerja sama seperti ini. Sebagai bank daerah kami sangat mendukung Pemkab Tala apalagi ini tujuannya jelas demi masyarakat pengguna LPG Bersubsidi yang sangat membutuhkan," ujar Prasetya.