starbanjar.com
Banjir
Banjir

Pemerintah Pusat Anggarkan Rp 230 M untuk Atasi Banjir di Kawasan Hulu Sungai

Redaksi Starbanjar
30.12.2021

STARBANJAR - Pemerintah pusat mengucurkan anggaran hingga Rp 230 miliar untuk mengatasi banjir di kawasan Hulu Sungai.

Anggota DPR RI Dapil Kalsel, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, turut berupaya mengatasi persoalan banjir di Hulu Sungai terutama di kawasan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang menjadi salah satu daerah paling terdampak banjir tahun ini.

Sebagai asli putra daerah, Bang Rifqi terus berjuang agar tanah kelahirannya tak terendam lagi. 

"Pada tahun 2019 dan 2020, saya berjuang agar Barabai, kampung halaman saya, tak lagi kebanjiran," ucap Bang Rifqi sapaan akrabnya, Kamis (30/12/2021). 

Perjuangan itu bukan tanpa alasan. Mengingat, Bang Rifqi sekeluarga pernah merasakan banjir besar pada tahun 1985 silam.

"Tahun 1985, saya pernah mengalami banjir besar ketika tinggal di Kota Barabai," kata mantan aktivis HMI ini. 

Dengan kondisi ini, kata dia, Kementerian PUPR merekomendasikan agar dibuat tiga program utama untuk mengatasi banjir di Barabai. 

Pertama, yakni revitalisasi sungai Barabai dari hulu menuju danau Bakung sekitar 40 km.

Kedua, membuat kanal baru sepanjang 36 km untuk memecah aliran air sungai Barabai.

Ketiga, membuat kolam regulasi yang mampu menampung jutaan M3 (metrik kubik) debit air.

"Akhir 2020, Proyek ini akan dilelang di Kementerian PUPR. Rencananya, proyek yang sanggup mengalirkan debit air maksimal 180 M3/detik ini dijalankan mulai 2021 hingga akhir 2023 mendatang. 

Nilai Proyeknya Rp230 miliar bersumber dari APBN. Proyek ini dalam perencanaannya akan sangat signifikan mengendalikan banjir di Barabai.

Sebab, debit maksimal air yang sanggup ditampung sungai Barabai sekarang hanya 60 M3/detik.

"Di awal pelaksanaan proyek, banjir besar pada Januari 2021 melanda Barabai. Air yang masuk ke sungai Barabai sebesar 500 M3/detik. November tadi banjir lagi, debitnya 400 M3/detik," jelas Bang Rifqi.

Meskipun menurutnya, proyek ini seolah belum memberi jawaban atas besarnya air yang masuk ke Barabai melalui sungainya itu.

Namun, Rifqi menegaskan proyek ini mampu mengurangi air berlimpah masuk ke kota dan permukiman warga.

"Sebagai pengusul dan pihak yang memutuskan anggarannya di DPR RI, saya kemarin melihat pekerjaan Proyek ini. Revitalisasi sungai telah dilaksanakan sebesar 14 persen. Kanal dibangun 14 km dari 36 km yang akan dibuat seluruhnya. Kolam regulasi 2022 akan dikerjakan," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas kolaborasi Pemprov Kalsel dan Pemkab HST dalam pembebasan lahan. 

"Ucapan yang sama kami haturkan kepada warga Barabai yang kooperatif dan mendukung ikhtiar bersama agar kampung kita tak lagi banjir," tutup Bang Rifqi.