Pemko Banjarmasin Masih Pikir-pikir Buka Destinasi Wisata Siring Piere Tendean

Banjar UPDATE 8 Okt 2020, By Tim Starbanjar
 Pemko Banjarmasin Masih Pikir-pikir Buka Destinasi Wisata Siring Piere Tendean (Source: Antara Foto)

STARBANJAR- Meski kawasan Kota Banjarmasin rata-rata sudah berstatus zona hijau, pemerintah kota rupanya masih pikir-pikir untuk membuka objek wisata.

Ambil contoh, destinasi wisata unggulan seperti Siring Piere Tendean dan Menara Pandang Banjarmasin. Sampai saat ini, dua objek wisata itu belum juga dibuka pasca ditutup mulai April 2020 tadi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, M Ikhsan Alhaq, mengaku cuma bisa menyerahkan ihwal keputusan ini ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) setempat.

"Kami menunggu arahan," kata Ikhsan kepada Starbanjar.com, baru-baru tadi. Ia tak berwenang memutuskan hal ini secara sepihak tanpa persetujuan otoritas GTPP.

Ikhsan sejatinya mengakui ada banyak pihak yang terdampak atas penutupan sementara objek wisata tersebut. Seperti halnya, motoris klotok yang memang rutin beroperasi di Siring Piere Tendean.

Untuk hal itu, ia menceritakan sebelumnya pemkot telah memberikan opsi lain pada penyedia wisata kelotok.

“Kami sudah tawarkan untuk pindah ke seberang, siring sabilal di jalan jendral sudirman,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pengamatan, klotok-klotok tersebut tidak pindah ke Siring Jenderal Sudirman, melainkan ke siring bekantan. Namun, penumpang wisata sungai tersebut tetap sepi.

undefined

Ajeng Mona