starbanjar.com
Kupp
Kupp

Pemprov Kalsel Dukung Pengembangan 15 Kelompok Usaha Pemuda

Putri Nadya Oktariana
24.9.2020

STARBANJAR - Sebanyak 15 Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) se-Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan Sarana Kewirausahaan Pemuda dari Pemprov Kalsel.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, bantuan ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pemuda.

"Umumnya mereka adalah wirusaha baru yang dibantu oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan," tutur Hermansyah.


Total bantuan yang diserahkan Pemprov Kalsel kepada 15 KUPP yang terpilih senilai Rp 150.000.000. Dengan total masing - masing kelompok usaha mendapatkan kisaran Rp 10.000.000,-.

Penyaluran bantuan ini tidak berupa dana namun, kata Herman, pemprov menyalurkan bantuan dalam bentuk alat kerja sebagai penunjang produktivitas kerja.

"Bantuan ini merupakan salah satu stimulan dalam peningkatan produktivitas usaha yang sedang mereka lakukan, karena kita beri mereka alat kerja yang mana alat - alat tersebut diharapkan dapat memperlancar usaha yang mereka jalankan," ucapnya. 

Dibsisi lain, Lina, salah satu penerima bantuan sarana wirausaha kepemudaan merasa sangat terbantu akan adanya bantuan ini. "Saya merasa sangat terbantu," tutur Lina.

Lina yang memulai usaha menjahit di awal tahun 2018 ini mengaku awalnya mengajukan proposal permohonan ke Dispora Kota Banjarmasin dan setelah itu mengajukan kembali ke Dispora Provinsi untuk pencairan dana.

Lina menerima 2 alat sekaligus dalam bantuan ini yakni alat mesin jahit dan mesin neci.