starbanjar.com
WhatsApp Image 2021-10-26 at 10.56.11.jpeg
Tim peneliti pengembangan ekowisata dari Universitas Brawijaya.

Peneliti dari Universitas Brawijaya Lakukan Riset di Kawasan Batarius

Redaksi Starbanjar
26.10.2021

STARBANJAR- Kawasan Air Terjun Batarius, Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, menjadi titik perhatian tim peneliti Universitas Brawijaya (UB) melakukan survey pengembangan ekowisata bersama Bappedalitbang Balangan, baru-baru tadi.

Aris Subagyo, selaku Koordinator Tim Peneliti Pengembangan Ekowisata UB Malang, bilang kawasan ini memiliki potensi wisata dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

"Kegiatan eksplore potensi wisata alam Air Terjun Batarius Desa Mamigang membuka tabir kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Balangan khususnya Kecamatan Halong. Kami melihat di zona sekitar banyak terdapat potensi kecantikan alam seperti Riam Buntar," kata Aris.

Kabid Litbang dan Inovasi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan, Reki Herdianto, juga berharap potensi wisata desa ini dapat dikembangkan sampai pada usaha turunan, diantaranya seni budaya dayak, aneka buah langka dan produk anyaman sebagai produk oleh-oleh bagi wisatawannya dengan dikelola secara optimal oleh masyarakat melalui Pokdarwis dan BUMDes.

Rakhmadi Yusni Kepala Bappedalitbang mengatakan Balangan memang memiliki banyak sekali kekayaan sumber daya alam mau pun manusia yang berpotensi untuk lebih dikembangkan.

Menurut Rahmadi, sebagai daerah relatif masih muda dan perkembangannya juga belum maksimal, tentu pengembangan daerah masih terbuka lebar. Atas kondisi itulah Bappedalitbang mempunyai tugas berat untuk menyusun arah pengembangan daerah ke depan,"imbuhnya.

"Kami berharap ke depan hasil penelitian pengembangan dan inovasi tersebut bisa digunakan untuk mencapai kesejahteraan warga masyarakat Balangan," tambah Rakhmadi.