Pengerjaan Proyek Stadion 17 Mei Digenjot hingga Akhir Tahun 2020

Banjar UPDATE 14 Sep 2020, By Tim Starbanjar
Pengerjaan Proyek Stadion 17 Mei Digenjot hingga Akhir Tahun 2020 (Source: Istimewa)

STARBANJAR- Proyek penataan Stadion 17 Mei terus digenjot oleh Pemprov Kalimantan Selatan. Di tengah situasi Pandemi Covid-19, proses pengerjaan stadion yang juga menjadi markas klub sepakbola Barito Putera ini sudah masuk dalam pembangunan tribun serta perbaikan rumput.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah, pemprov menarget pada akhir tahun 2020 ini proses tersebut sudah bisa rampung.

“Kami menargetkan akhir 2020, tribun dan rumput dilapangan sudah diperbaiki” ucap Hermansyah.

Meski demikian, pembangunan Stadion 17 Mei tidak sepenuhnya seperti apa yang didesain oleh Dispora Kalsel. Stadion yang dirancang khusus untuk menjadi stadion sepak bola ini nampaknya masih harus menunggu beberapa waktu lagi. Sebab, Federasi Atletik Seluruh Indonesia wilayah Kalimantan Selatan meminta agar tetap dibuat lintasan atletik di sekitar lapangan.

“Ini dilakukan karena kita tidak memiliki stadion berstandar nasional untuk atletik, sehingga kita terpaksa menggunakan lintasan didalam stadion 17 Mei” jelasnya.

“Ketika kita sudah mempunyai stadion untuk atletik, kegiatannya akan dipindah kesitu dan setelahnya, Stadion 17 Mei akan difokuskan menjadi stadion sepak bola” lanjut Hermansyah.

Selain stadion 17 Mei, renovasi juga dilakukan di lapangan bola Kayutangi. Berdasarkan keterangan Hermansyah, lapangan ini sudah melalui proses lelang dan telah mendapatkan pemenang.

Pertemuan pertama juga sudah dilakukan. Didalam pertemuan itu, dia mengatakan sudah menentukan jenis rumput apa yang akan dipakai.

“InsyaAllah, 2021 lapangan tersebut bisa dipakai kembali” tuturnya.

Meski banyak melakukan renovasi fasilitas olahraga, Hermansyah mengaku anggaran pembangunan menjadi masalah dalam renovasi ini. Itu diakibatkan oleh kebijakan pemotongan anggaran sebesar 50% yang ditujukan untuk penanganan Covid-19 di Kalimantan selatan.

“Alhasil, pembangunan yang kita lakukan menyesuaikan anggaran yang kita miliki saat ini. Tentu renovasi ini bertahap kedepannya” tutup Herman.

undefined

Ari Arung Purnama