Peran Tokoh Masyarakat Dinilai Penting Atasi Virus Corona di Banjarmasin

Banjar UPDATE 29 Jun 2020, By Tim Starbanjar
Peran Tokoh Masyarakat Dinilai Penting Atasi Virus Corona di Banjarmasin (Source: Ari Arung Purnama/Starbanjar)

STARBANJAR- Seluruh perwakilan dewan kelurahan di Kota Banjarmasin dikumpulkan ramai-ramai dalam sosialisasi kesiapsiagaan penanggulangan kesehatan, pada Senin (29/6/2020) bertempat di Best Western Kindai Hotel.

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel itu, ditekankan bahwa penyelesaian pandemi corona tak cuma diselesaikan oleh pemerintah. Namun, perlu kesadaran pula oleh masyarakat.

Hal demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, dr Machli Riyadi. Kata dia, masyarakat juga mestinya bisa merumuskan langkah-langkah konkrit untuk penanganan pandemi.

"Karena masalah pandemi ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi menjadi tanggung jawab bersama," tegas Machli.

Dalam kesempatan yang sama, Machli mengakui kegiatan semacam ini telat digelar. Harusnya bisa diadakan ketika kasus pertama muncul di Banjarmasin, yakni 18 maret 2020 yang lalu.

"Tapi acara ini tetap diharap dapat mendorong warga untuk berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan Pandemi Covid-19," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Forum Komunikasi Kesehatan Masyarakat Banjarmasin (FKKMB), Suriani Khairi bersyukur dengan adanya kegiatan edukasi semacam ini. Sebab, menurut dia, hal demikian dapat membuat banyak pihak bisa memilah informasi yang benar tentang Covid-19.

Adapun materi yang disampaikan cukup beragam. Dari pengenalan tentang Covid-19 itu sendiri hingga menyoal penanggulangan krisis di tengah masyarakat.

“Setelah kegiatan ini, kami siap memberikan informasi kembali ke masyarakat agar dapat semakin
semangat dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” ujarnya.

undefined

Ari Arung Purnama