starbanjar.com
lomba gerak jalan.jpg

Peringati HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kota Banjarmasin, Pemko Helat Lomba Gerak Jalan

Ahmad Husaini
27.8.2022

STARBANJAR - Pemerintah Kota Banjarmasin menghelat kegiatan Lomba Gerak Jalan tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Banjarmasin tahun 2022, yang berlangsung di Halaman dan Panggung Siring Balaikota Banjarmasin, Sabtu (27/08/2022).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 dan Hari Jadi Kota Banjarmasin Ke-496.

Kegiatan itu, dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, turut hadir Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Kepala Dinas Pendidikan, Nuryadi, Ketua TP PPK, Hj Siti Wasilah serta jajaran terkait.

Ibnu Sina mengucapkan selamat kepada anak-anak siswa-siswi SD se-Kota Banjarmasin yang melaksanakan lomba gerak jalan SD tersebut agar tubuh semakin sehat karena berolahraga.

Ia menyampaikan, peserta lomba gerak jalan SD itu adalah perwakilan yang sudah lolos terseleksi dari Kecamatan.

"Jadi mudah-mudahan dengan spirit kemerdekaan anak-anak kita tetap ingat Nasionalisme, cinta NKRI, kemudian dengan gerak jalan ini mudah-mudahan semakin sehat karena berolahraga, kemudian juga orang tua bisa bahagia," ujarnya. 

Ibnu Sina berterima kasih kepada Dinas Pendidikan yang sudah melaksanakan kegiatan yang sangat positif itu.

"Mudah-mudahan anak-anak kita bisa belajaran secara langsung, secara offline dan mereka tetap dalam kondisi yang sehat, sehingga intinya kenapa ini harus kita laksanakan, karena spirit kemerdekaan tetap sehat," tutupnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia sekolah, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab.

"Dan mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkan nasionalisme dan cinta tanah air serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik SD," jelasnya.

Lanjutnya, Nuryadi menyampaikan peserta yang ikut lomba gerak jalan SD itu ada 25 Tim, yang terdiri dari 11 orang peserta dari 25 Gugus SD di Kota Banjarmasin.

"Jadi ada sebanyak 275 orang peserta yang ikut, kemudian jurinya berasal dari bidang yang menangani atau yang membina olahraga di Kota Banjarmasin, dan lomba selama 1 hari ini menempuh jarak 6 km dengan rute yang telah ditentukan," pungkasnya.