starbanjar.com
IMG-20230826-WA0011.jpg

Perluas Pangsa Pasar, Prodi Administrasi Bisnis ULM Bekali UMKM Desain Produk

Ahmad Husaini
26.8.2023

STARBANJAR - Akademisi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Lambung Mangkurat Dr Taharuddin melakukan pelatihan marketing digital dan desain produk UMKM kelompok Usaha 'Hayak Bamara' menggunakan aplikasi Canva.

Taharuddin bersyukur belasan UMKM mulai memahami marketing dan desain digital untuk memperluas pangsa pasar UMKM.

"Ketika pertama kali pelatihan memang kawan-kawan pegiat UMKM belum familiar dengan aplikasi Canva dan promosi di media sosial, setelah kita beri pelatihan dan diberi waktu sekitar 1 bulan, sebagian besar mereka sudah bikin (mehami)," ujar Taharuddin saat ditemui, Sabtu (26/8/2022).

Dia mengatakan penting bagi UMKM untuk memiliki branding yang bagus maka akan meningkatkan daya saing pelaku usaha UMKM. 

Sehingga ke depan, para pelaku usaha UMKM ini dapat meningkatkan penjualannya dengan membangun branding yang unik dan menarik.

Dengan demikian, kata Taharuddin UMKM bisa memperluas pangsa pasarnya sehingga bisa naik kelas.

Secara keseluruhan, Taharuddin bilang Kelompok Hayak Bamara yang dibekali pemahaman digital marketing dan desain produk memuaskan.

Siti Masyitah salah satu pelaku UMKM bersyukur setelah mengikuti pembekalan dan pelatihan digital marketing dan desain produk.

Awalnya ia hanya menjualkan makanan dan minuman ringan secara konvensional. Setelah adanya pembekalan dan pelatihan ini, Siti Masyitah mulai menjualkan produknya via sosial media.

"Sekarang promosi sudah menarik, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," tandasnya.