starbanjar.com
IMG-20240516-WA0015.jpg
Tokoh muda Nagara Muhammad Rizal resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati HSS (Foto : Dokumentasi pribadi)

Politisi Muda Asal Daha Ramaikan Bursa Pilkada, Rizal Nagara Daftar Cawabup HSS

Redaksi Starbanjar
16.5.2024

STARBANJAR- Pemilihan kepala daerah serentak mulai menggeliat. Sejumlah partai politik sudah membuka pendaftaran bagi bakal calon yang ingin meramaikan pesta demokrasi akhir tahun mendatang.

Salah satu figur muda potensial yang bakal meramaikan Pilkada Hulu Sungai Selatan adalah Muhammad Rizal.

Pria kelahiran Nagara, 12 Agustus 1997 secara resmi mendaftarkan diri ke partai PDI Perjuangan HSS untuk ikut dalam kontestasi pilkada, sebagai calon wakil Bupati.

“Alhamdulillah, kita sudah secara resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Wakil Bupati melalui PDI Perjuangan, semua dokumen pendukung untuk kelengkapan berkas sudah diterima oleh DPC PDI Perjuangan Hulu Sungai Selatan, sudah dinyatakan lengkap dan diterima," ujar Rizal Nagara sapaan akrabnya, Kamis 16 Mei 2024.

Rizal cukup dikenal di kalangan pemuda. Aktif di berbagai organisasi dari mahasiswa hingga kepemudaan yang membuat namanya populer di kalangan anak muda.

Hal itu pula yang mendorongnya untuk memulai karir di ranah politik dengan ikut serta dalam kontestasi Pemilihan Legislatif 2024 lalu, dan langsung terpilih menjadi Anggota DPRD Hulu Sungai Selatan untuk periode 2024-2029 mendatang.

“Kita membawa semangat dan aspirasi anak muda. Sebagaimana kita tahu bahwa anak muda dan pemilih milenial memiliki persentase cukup tinggi dalam pesta demokrasi,” jelas Rizal.

Alumni UIN Antasari Banjarmasin tersebut sebenarnya bukan pemain baru dalam perpolitikan. Perjalanan pengalaman hidupnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sebagai anak muda, Rizal Nagara telah cukup matang dan teruji dengan aktif di berbagai organisasi baik tingkat lokal hingga provinsi.

Ia mulai berpolitik sudah sejak duduk di bangku kuliah, dan pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa UIN Antasari periode 2019-2020.

Rizal juga pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nagara (IKAPEMANA), Ketua UKM Olahraga UIN Antasari dan Sekretaris HMI Cabang Banjarmasin.

Dikalangan pemuda seusianya, Rizal sempat memikul amanah di kepengurusan, ISNU Banjarmasin, KNPI HSS, HIPMI HSS, hingga kini menjabat sebagai Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekrafs) Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Setelah berhasil menyelesaikan bangku pendidikan S1 di UIN Antasari, pemuda yang dikenal sebagai aktivis kampus tersebut langsung memberanikan diri bergabung PDI Perjuangan dan dipercaya menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) Provinsi Kalimantan Selatan.

BAGUNA kini menjadi cukup populer di Kalimantan Selatan, baik dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, bantuan sosial, hingga penanggulangan bencana, bahkan mendapatkan apresiasi dari PDI Perjuangan Pusat berkat keaktifannya saat membantu penanganan wabah Covid 19 dan Banjir Bandang di Kalimantan Selatan.

Dengan keyakinan yang kuat untuk ikut pesta demokrasi, Rizal berharap memperoleh doa dan dukungan terutama dari generasi muda.

“Mohon doa dan dukungan dari teman-teman para pemuda dan masyarakat. Untuk menyuarakan aspirasi, kita harus berada dalam sistem, agar segala harapan para pemuda dapat kami wujudkan, insya Allah dengan Ikhtiar dan Do'a, Yakin Usaha Sampai,” tutup Rizal.