starbanjar.com
IMG_20210906_215304.jpg
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers terkait PPKM yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Negara.

PPKM Level IV Di Kota Banjarmasin Awet !

Redaksi Starbanjar
04.10.2021

STARBANJAR - Kota Banjarmasin belum lepas dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Hal ini setelah Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan enam daerah di Indonesia masih bertahan di penerapan PPKM level 4, Senin (4/10/2021) sore ini.

“Enam daerah yang masih bertahan pada PPKM level 4 yakni Kabupaten Pidie, Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Bulungan, dan Tarakan,” kata Airlangga Hartarto  yang disiarkan secara live di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Keputusan kota Banjarmasin tetap diberlakukan PPKM level 4 lantaran indikator-indikator yang ditetapkan pemerintah pusat untuk turun level belum terpenuhi. Perpanjangan PPKM luar Jawa dan Bali juga diusulkan 2 minggu ke depan yaitu tanggal 5-18 Oktober 2021 dengan cakupan 6 kabupaten kota, dari sebelumnya 10 kabupaten kota.

“Dari (berbagai) indikator, 10 daerah kabupaten kota level 4 luar Jawa Bali dalam 2 minggu kemarin, yang terjadi kenaikan level adalah di Banjarmasin. Kemudian 7 kabupaten turun levelnya dan 2 tetap levelnya,” jelas Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini.

Dia menyebut telah terjadi kenaikan positivity rate di Kota Padang, Kota Banjarmasin dan Kota Balikpapan, kemudian untuk daerah yang tidak mencapai target pemeriksaan adalah Aceh Tamiang, Pidie dan Bulungan.

Sementara itu vaksinasi kabupaten kota masih di bawah rata-rata, yakni di bawah 45 persen. Sedangkan capaian vaksinasi lansia di 7 kabupaten kota juga masih di bawah Nasional atau di bawah 30 persen.

“Yaitu kabupaten kota yang salah satunya levelnya masih belum mencapai target yang ditentukan atau testingnya masih relatif terbatas, dan masih ada kenaikan positivity rate. Walaupun level-level tersebut lebih rendah dari level yang ada,” imbuh Airlangga.