starbanjar.com
Ilustrasi Coffee Shop
Ilustrasi Coffee Shop

PSBB Berakhir, Sejumlah Kedai Kopi dan Wadah Nongkrong Mulai Beroperasi di Banjarmasin

Putri Nadya Oktariana
05.6.2020

STARBANJAR- Usai tak beroperasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah coffeeshop dan kedai tongkrongan di Kota Banjarmasin mulai membuka kembali layanan ngopi di tempat. Keputusan ini diambil tentu dengan tetap memperhatikan standar protokol pencegahan Covid-19.

Ambil contoh, Tomo Koffee yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Kertak Baru Ulu, Kota Banjarmasin. Kedai yang satu ini sudah beroperasi sejak 2 Juni tadi.

Kendati beroperasi, tempat duduk Tomo Koffee terlihat berjarak ketimbang biasanya. Pihak pengelola masih memberlakukan physical distancing demi mencegah penyebaran covid-19.

“Bangku – bangku juga kita kasih jarak beberapa, biasanya ada 2 – 3 orang barista, sekarang kita
batasi, jadi cuman 1 aja," kata Barista Tomo Koffee, Hans kepada starbanjar.

Dia menambahkan, Tomo Koffee kini juga masih memberlakukan pembatasan terhadap pelanggan yang nongkrong di kedai milik mereka.

“Biasanya kan indoor sama outdoor penuh, tapi sekarang kita batasin paling cuman beberapa orang aja yang bisa stay sambil ngopi didalam”, tandas Hans.

Sama halnya dengan Tomo Koffee, kedai kopi SOG yang berlokasi di Jalan Brigjend Hasan Basry juga kini beroperasi.

Setelah 2,5 bulan tutup karena pandemi dan anjuran pemerintah, SOG Coffee kembali buka dengan jam tutup lebih awal seperti biasanya. SOG juga membatasi pelanggan yang ingin nongkrong di kedai.

“Kalau udah penuh baik luar maupun dalam biasanya kami himbau pembeli buat take away aja, soalnya juga ngikutin anjuran pemerintah kan," ujar Riyandi yang merupakan salah satu owner kedai kopi tersebut.