starbanjar.com
skysports-lionel-messi-argentina_5995834.jpg
Bintang Timnas Argentina, Lionel Messi.

PSSI Rilis Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Argentina, Termurah Rp600.000

Ahmad Husaini
30.5.2023

STARBANJAR - PSSI mengumumkan daftar harga tiket laga ujicoba FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) , yang dibanderol Rp600.000 hingga Rp4.250.000.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, pihaknya menawarkan sejumlah kategori tiket untuk memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat. 

Pertama yakni VIP Barat dan Timur dengan harga tiket Rp4.250.000. Kedua, Kategori 1 dengan harga Rp2.500.000.

Ketiga, Kategori 2 dengan harga Rp1.200.000. Keempat, Kategori 3 dengan harga Rp600.000. Seluruh harga tiket sudah termasuk pajak dan biaya servis lain.

“Rata-rata harga tiket di Rp1 jutaan. Ini menjadi bagian kita mendorong tahun depan ada pertandingan internasional lagi di Indonesia,” ujarnya dikutip dari pssi.org, Selasa 30 Mei 2023.

Menurut Erick ada sekitar 60.000 tiket yang disiapkan untuk laga uji coba akbar tersebut. Pihaknya mengatakan tiket mulai dijual 5 Juni khusus untuk BRI card holder.

 “Kemudian 6-7 Juni ada penjualan publik dengan metode semua pembayaran. Pembelian tiket bisa melalui website PSSI dan tiket.com,” kata Erick.

Bayaran Timnas Argentina

Laga melawan Indonesia menjadi agenda Argentina dalam Tur Asia 2023. Selain Indonesia, Tim Tango akan menghadapi Australia di Beijing, China, pada 15 Juni. Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni memastikan bakal memboyong Lionel Messi dalam lawatannya ke Asia.

Indonesia disebut harus merogoh kocek Rp64 miliar hingga Rp73,4 miliar untuk memboyong La Albiceleste ke Tanah Air. Saat ini Argentina menjadi salah satu timnas dengan bayaran termahal. Apalagi mereka baru saja menjuarai Piala Dunia 2022.

“Tarif untuk satu pertandingan dengan juara dunia telah naik begitu tinggi hingga US$5 juta (sekitar Rp73,4 miliar),” kata jurnalis Inggris, Rory Smith, dilansir dari The New York Times.

Erick Thohir memilih bungkam saat ditanya detail bayaran Timnas Argentina untuk melawan Tim Garuda. Erick berkilah uang bukanlah segalanya ketika membicarakan uji coba akbar seperti melawan Argentina.

“Jadi bukan semata soal berapa biaya mendatangkan. Ini kepercayaan Argentina yang juga ingin membangun sepak bola Indonesia,” ujar Erick.

Erick mendorong media tak hanya membicarakan soal uang terkait uji coba melawan Argentina. Menurut dia, banyak pelajaran yang dapat diambil dari laga tersebut yakni soal mental bertanding, pengalaman hingga peningkatan performa Timnas.

“Kami sedang membangun PSSI transparan. Kita yakini ini bukan hanya komersial tapi pembangunan mental buat tim nasional. Harganya tidak bisa dihitung dengan uang,” tuturnya.