starbanjar.com
Cabai Rawit Hiyung
Cabai Rawit Hiyung

Punya Potensi Menjanjikan, Sektor Pertanian Cabai Rawit Hiyung Didorong Terus Bertumbuh

Redaksi Starbanjar
08.1.2021

STARBANJAR- Sektor pertanian cabai rawit yang berlokasi di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, makin hari kian berkembang. Komoditas yang satu ini dinilai mampu mengerakkan perekonomian warga sekitar. Bahkan, tercatat 440 kepala keluarga di desa ini telah melakukan budidaya cabai rawit jenis Hiyung.

Hal itulah yang membuat Bank Kalsel terdorong memberi bantuan dan mengajak diskusi para petani sekitar dalam ajang gathering bersama petani dan stakeholder, Rabu (6/1/2021) tadi di desa setempat.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk talkshow yang diisi oleh narasumber, antara lain Bupati Tapin, M. Arifin Arpan, Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Wagimin, dan Cecep Sadikin selaku Konsultan dan Praktisi Pertanian. Bertindak sebagai moderator adalah Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Rantau, Izhar.

Dalam paparannya, Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin menuturkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas komitmen Bank Kalsel dalam MoU Deklarasi Dukungan Bersama yang ditandatangani beberapa waktu silam dengan disaksikan oleh Menteri Pertanian RI.

“Kegiatan ini adalah wujud dukungan kami terhadap sektor pertanian, khususnya kepada para petani yang nyatanya turut menjaga kestabilan ekonomi daerah. Sebelumnya, gathering telah dilaksanakan di Batola, Tanah Laut, Tabalong, dan Hulu Sungai Selatan. Pada hari ini, kami adakan di Desa Hiyung, Kabupaten Tapin, sebagai bentuk silaturahmi dan mengajak para petani di Desa Hiyung untuk menjadi Mitra bagi Bank Kalsel untuk bersama-sama mendukung peningkatan sektor pertanian daerah,” tutur Agus.

Bank Kalsel bersama Pemerintah Daerah telah berinisiasi dengan mengemas sebuah Ekosistem Keuangan Daerah yang salah satunya menciptakan sinergi positif antara petani, pemerintah dan Bank Kalsel yang merupakan bank daerah. Tujuannya tidak lain adalah terciptanya ekosistem keuangan daerah yang kedepannya akan menunjang pengelolaan keuangan daerah secara lebih efektif dan efisien, tentunya bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi petani khususnya
maupun masyarakat pada umumnya.

“Kemudahan pemberian pembiayaan kepada para petani, akan menjadi catatan bagi kami. Bank Kalsel akan terus meningkatkan pelayanan, khususnya terkait kebutuhan permodalan yang sesuai dengan kebutuhan petani, sehingga program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) milik Pemerintah Pusat dapat dilaksanakan dengan baik serta efektif. Kami akan memastikan program ini selaras dengan kebijakan Presiden, Kementerian Pertanian, Gubernur Kalsel, maupun Pemerintah Daerah setempat,” tegas Agus.

Pada kesempatan ini, Bank Kalsel melalui Program CSRnya, memberikan bantuan untuk petani di Desa Hiyung berupa 1,2 Ton Pupuk Organik Guano Nutri Plus yang diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin. Selain itu, juga diserahkan bantuan pembuatan Partisi Ruang Produksi Cabe Hiyung dan 2 buah Tenda untuk kebutuhan operasional dan Pameran produk Cabe Hiyung, yang secara simbolis oleh Bupati Tapin, M. Arifin Arpan.

Bantuan-bantuan tersebut diterima oleh Kelompok Tani Karya Baru yang diwakili oleh Ketua Kelompok, Junaidi, didampingi oleh Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Rantau, Izhar, serta disaksikan oleh seluruh tamu undangan dan peserta kegiatan.