starbanjar.com
IMG-20230530-WA0064.jpg

Raih Kontrak Rp 1,1 Triliun, Waskita Karya Garap Proyek Bandara di Timor Leste

Ahmad Husaini
31.5.2023

STARBANJAR - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) akan menggarap pengembangan Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato di Timor Leste, dengan nilai kontrak sebanyak US$72,6 juta atau sekitar Rp1,1 triliun.

Director of Operation I dan QSHE Perseroan I Ketut Pasek Senjaya Putra mengatakan, pekerjaan proyek ini meliputi perpanjangan runway sepanjang 2.100 meter, termasuk pembangunan Runway End Safety Area (RESA) minimal 90 meter di setiap sisi, juga membangun taxiway, Apron dan Air Traffic Control Tower (ATCT) untuk memperluas fasilitas bandara tersebut. 

“Kami sangat bersyukur dan tentunya sangat bangga bisa berkontribusi dalam membangun bandara Internasional Nicolao Lobato di Timor Leste seniali US$72,6 juta atau sekitar Rp1,1 triliun yang bersumber dari dana ADB. Proyek ini diperkirakan akan diselesaikan dalam waktu 974 hari,” kata Pasek dilansir Selasa, 30 Mei 2023.

Adapun sebelumnya, Waskita Karya memiliki pengalaman dalam menyelesaikan pembangunan beberapa proyek bandara internasional di Indonesia yaitu antara lain proyek Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Kualanamu Medan, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Hasanudin Makassar, dan lain-lain.

Sedangkan di Timor Leste, perseroan telah mendapatkan beberapa proyek antara lain jalan Noefefan-Oenuno di Oé-Cusse, jalan Pasar Tono menuju Oesilo yang merupakan wilayah Timor Leste yang berbatasan langsung dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Indonesia, lalu proyek yang rampung di tahun 2020 yaitu Bandara Suai dan Jalan Sakato-Noefefan.

Pasek juga  berharap bahwa proyek-proyek yang saat ini tengah dikerjakan oleh Waskita Karya di Timor Leste akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan negara tersebut. Selain itu, ia berharap bahwa melalui proyek ini, hubungan diplomatik antara Timor Leste dan Indonesia akan semakin erat.