starbanjar.com
Sepeda
Sepeda

Rayakan Hari Olahraga Nasional lewat Gowes Massal, Gubernur: Kita Lawan Covid-19 dengan Bersepeda

Ari Arung Purnama
09.9.2020
STARBANJAR- Memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2020, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel mengadakan acara gowes yang diikuti seluruh komunitas sepeda yang ada di Kota Banjarmasin.
 
Perayaan Haornas itu juga diikuti oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama sejumlah pejabat lainnya. 
 
"Mari kita lawan Covid - 19 dengan berolahraga, salah satunya dengan bersepeda," ujar Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.
 
Dimulai pukul 7:00 pagi, acara gowes ini menempuh jarak 20 KM dengan rute halaman Mahligai Pancasila menuju titik kumpul untuk berbagi door prize Kantor Dispora Kalsel, Jalan Pramuka. 
 
Setelah itu, rute dilanjutkan melalui jalan Ahmad Yani hingga kembali ke titik awal. Rute ini kurang lebih ditempuh oleh para peserta gowes selama 1 jam.
 
Kadispora Kalsel, Hermansyah mengungkap bahwa dilaksanakannya acara peringatan ini mengacu kepada surat edaran kemenpora yang memerintahkan untuk menggelar acara peringatan haornas. 
 
"Kita menggelar Haornas di Kalimantan Seltan ini dibuka dengan gowes pada hari ini. Rencananya ada gowes selanjutnya beberapa minggu kedepan" tutur Hermansyah.
 
"Kita memilih gowes karena melihat tren bersepeda ditengah pandemi ini tinggi, jadi kita juga mengajak masyarakat untuk beroahraga bersama. Dengan digelarnya berolahraga massal ini, diharapkan bisa menekan penularan pandemi covid-19 juga" jelasnya lagi.
 
Dia juga mengungkap selain gowes, ada rangkaian acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati haornas. Acara tersebut adalah silat budaya kuntau. 
 
Berencana diadakan di Bukit Kiram pada minggu ke-3 bulan September, Hermansyah ungkap pihak dispora juga bekerja sama dengan Federasi Silat Tradisional Seluruh Indonesia.
 
"Acara ini sudah diberi surat rekomendasi tugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah kemudian peserta juga sudah mulai mendaftarkan diri mereka untuk acara ini" pungkasnya.